Yamaha

Kenaikan Harga Bawang Putih di Bandung Diduga Akibat Spekulan

  Senin, 10 Februari 2020   Nur Khansa Ranawati
Harga bawang putih di Kota Bandung naik. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional maupun modern di Kota Bandung mengalami lonjakan sejak satu minggu lalu. Harga biasanya yang berada di kisaran Rp30.000-Rp35.000 kini sudah tembus di atas angka Rp60.000 untuk pasar tradisional, dan Rp48.000 di pasar modern.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan penyebab kenaikan tersebut bukanlah murni karena imbas langsung pembatasan impor terkait kewaspadaan virus Corona. Menurutnya, kenaikan tersebut bisa jadi dimanfaatkan oleh para spekulan.

"Karena ada pernyataan dari pemerintah pusat bahwa akan ada pembatasan produk impor dari Cina, jadi pasar bergoyang. Padahal yang dibatasi hanya impor hewan hidup, produk hortikultura tetap jalan," ungkapnya pada Ayobandung.com, Senin (10/2/2020).

Pun impor bawang putih sempat ditunda, kenaikan harga bawang di Kota Bandung sudah terjadi lebih awal sebelum kebijakan tersebut diambil. Elly pun menyatakan stok sebenarnya relatif masih aman.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com pada Kamis (6/2/2020), harga bawang putih di Pasar Cihaurgeulis dan Pasar Simpang rata-rata mencapai Rp60.000. Para pedagang mengaku kenaikan tersebut sudah berlangsung sejak 4 hari lalu.

AYO BACA : Merangkak Naik, Harga Bawang Putih di Bandung Tembus Rp70.000

Kenaikan serupa juga terjadi di delapan pasar lainnya yang rutin dipantau oleh Disdagin Kota Bandung. Kedelapan pasar tersebut meliputi Pasar Baru, Pasar Kosambi, Pasar Ujung Berung, Pasar Cihapit, Pasar Palasari, Pasar Sederhana, Pasar Kiaracondong dan Pasar Ancol. 

"Jadi memang dalam satu minggu ada kenaikan sampai 100%, tiap Kamis kami cek ke delapan pasar tradisional dan Kamis kemarin (6/2/2020) rata-rata harga bawang putih ada di kisaran Rp56.000 sampai Rp60.000 per kilogram," ungkapnya.

Dia mengatakan, warga Kota Bandung tidak perlu merasa khawatir apalagi hingga memborong bawang dalam jumlah berlebihan. Pihaknya juga akan segera turun kembali ke lapangan untuk memastikan penyebab pasti harga yang melonjak.

"Ini perlu diluruskan, tidak perlu khawatir stok bawang putih di Kota Bandung masih aman, jangan panic buying. Saya tanya di toko modern siap memasok lagi, supplier tidak kesulitan," ungkapnya.

"Intinya nanti kita akan cek lagi kenapa harga sampai meningkat drastis, apa karena karena pasokan berkurang. Kalau aman ya mungkin ada pemanfaatan oknum dengan wacana pembatasan impor terkait virus corona," jelasnya.

AYO BACA : Impor dari Cina Dibatasi, Jabar Andalkan Pasokan Bawang Putih Lokal

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar