Yamaha

Cara Fabiano Beltrame Tetap "On Fire" setelah Semusim Tak Merumput

  Jumat, 07 Februari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bek Persib Bandung Fabiano Beltrame. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

SUMUR BANDUNG.COM -- Proses naturalisasi yang tak kunjung usai membuat Fabiano Beltrame terpaksa menepi dari lapangan hijau di musim 2019 lalu. Imbasnya, meski telah diikat kontrak oleh Persib, Fabiano tak mendapat satu menit pun kesempatan berlaga di Liga 1 2019.

Namun di musim 2020 ini pemain yang pernah berseragam Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United ini dipastikan bisa mencicipi ketatnya kompetisi resmi. Hanya saja Fabiano tak menampik, dirinya sempat kehilangan tempo permainan. Hal itu terjadi saat dirinya turun main di turnamen pramusim, Asia Challenge 2020. Maklum, semusim lamanya bek kelahiran Brasil itu tak merasakan atmosfer pertandingan.

Kendati demikian, dalam tiga laga uji coba Persib menghadapi Selangor FA, Hanoi FC, dan Melaka United, Fabiano menjadi pemain yang sering tampil. Dalam tiga laga itu, dia pun tak tampak seperti pemain yang lama absen dalam kompetisi.

AYO BACA : Persib Kerap Mainkan Skema 3 Bek, Ini Respons Fabiano Beltrame

Rupanya, Fabiano memiliki cara tersendiri untuk tetap "on fire" meski semusim tak merumput. Fabiano mengakui selalu menjadi kondisi agar saat dipercaya tampil, dirinya dalam kondisi siap tempur.

"Ya mungkin motivasi karena bisa main lagi. Memang awalnya saat pergi ke Malaysia babak pertama itu hilang tempo bola, hilang baca skema, tapi meskipun tahun lalu saya gak main saya tetap latihan sama tim, sama kalau pulang ke rumah juga jaga kondisi," kata Fabiano usai sesi latihan di Stadion Siliwangi, Jumat (7/2/2020).

Pasalnya sebagai pemain profesional, pemilik nomor 15 di Persib itu tidak mau pasrah dengan keadaan. Karenanya meski tidak bisa tampil satu musim di pertandingan resmi, Fabiano selalu berlatih serius layaknya akan bertanding. Fabiano juga mengaku, ogah berada di bawah performa saat diberi kepercayaan main oleh sang pelatih.

AYO BACA : Robert Alberts Komentari Debut Fabiano bersama Persib

"Saya pikir itu bagus karena saya tahu pas kembali main saya harus ada di kondisi yang harus bagus, dan itu kemarin saya jaga terus. Dan kondisi sekarang lagi enak, saya happy karena bisa main dan pas (latihan) fisik juga berat, tapi kita selalu lagi naikan kondisi semua pemain, saya pikir gak ada masalah," katanya.

Di sisi lain, Fabiano mengatakan, skuat Pangeran Biru tengah gencar mematangkan diri jelang bergulirnya Liga 1 2020. Salah satunya melalui agenda laga uji coba. Dalam agenda terdekat, skuat Maung Bandung bakal menjamu Barito Putera dalam laga persahabatan di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (11/2/2020).

Di pekan yang sama, Persib bakal menjajal kekuatan Persis Solo di Stadion Manahan, Surakarta, (15/2/2/2020). Dua hari berselang, Persib juga akan melakoni laga uji coba melawan PS Sleman, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (17/2/2020). 

Tak sampai di situ menutup masa pramusim, Persib juga mengagendakan satu kali laga uji coba lainnya pada 21 Februari. Rencananya uji coba ini akan dilakukan di Bandung. Hanya saja untuk laga persahabatan itu belum bisa dipastikan siapa lawan yang akan dihadapi skuat Pangeran Biru.

Fabiano mengakui, sejumlah uji coba tersebut menjadi persiapan timnya untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020 yang bakal digelar 29 Februari mendatang. Bagi pemain berusia 37 itu, uji coba baik bagi timnya sekaligus cara mengintip kekuatan calon lawan di Liga 1 2020.

"Persiapan sudah bagus. Apalagi sekarang kita sudah masuk dan fokus, banyak uji coba bagus untuk kita ketemu tim yg akan memulai liga. Dan uji coba itu penting untuk semua pemain untuk dapat tempo permainan," ujarnya.

AYO BACA : Fabiano Mengakui Masih Temui Kendala di Asia Challenge 2020

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar