Yamaha

Inggris Siap Publikasikan Data Penampakan UFO

  Sabtu, 08 Februari 2020
Potret UFO karya

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah departemen di Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) telah mendokumentasikan dan menyelidiki tentang penampakan UFO sejak awal 1950-an hingga 2009. Lebih dari satu dekade setelah program itu berakhir, sekarang datanya akan dipublikasikan kepada umum untuk pertama kalinya.

Sebelum itu, beberapa data Kementerian Pertahanan tentang UFO telah dipublikasikan secara online di situs web Arsip Nasional Inggris. Namun menurut juru bicara Angkatan Udara Kerajaaan Inggris (RAF), semua laporan tentang UFO akan dirilis tahun ini di halaman web pemerintah.

Keputusan ini dibuat setelah sebuah kantor berita Inggris, PA Media, mengajukan permintaan agar data UFO diterbitkan di bawah Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Dilansir dari Space.com, ketertarikan Inggris terhadap UFO meningkat sekitar 1950 dan mendorong Departemen Pertahanan untuk membentuk Flying Saucer Working Party untuk membidik fenomena ini. Pembahasan mengenai UFO bahkan sempat menarik perhatian Perdana Menteri Winston Churchill pada awal 1950-an.

Flying Saucer Working Party menyimpulkan bahwa UFO adalah tipuan, delusi, atau benda yang kemungkinan salah diidentifikasi dan mengatakan untuk tidak melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai fenomena udara yang misterius ini. Namun, divisi Departemen Pertahanan lainnya melakukan penyelidikan lanjutan secara resmi di Inggris hingga abad ke-21.

Kementerian Pertahanan mempublikasikan laporan UFO terakhir pada 2009. Laporan itu berisi penampakan yang terjadi mulai Januari hingga akhir November 2009. Setelah Kementerian Pertahanan memberlakukan perubahan kebijakan pada 1 Desember 2009, divisi yang bersangkutan tidak lagi menyelidiki penampakan UFO.

"Meski begitu, apapun yang ditemukan termasuk laporan UFO yang hanya tersedia dalam bentuk hard copy akan dipublikasikan secara online bagi umum dalam beberapa bulan mendatang. Seharusnya ada beberapa hal menarik dalam data baru ini," jelas Nick Pope, mantan penyelidik UFO untuk Kementerian Pertahanan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar