Yamaha

TPA Sarimukti Tutup, KBB Cari Lahan Pengganti

  Kamis, 06 Februari 2020   Tri Junari
Ilustrasi TPA Sarimukti. (istimewa)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan dua lokasi sebagai opsi untuk lahan pengganti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat.

Opsi ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak penutupan TPA Sarimukti tahun 2023. Lokasi TPA baru untuk sampah KBB diprediksi masih di lokasi sama atau di Cililin sesuai rencana tata ruang wilayah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB Apung Hadiat Purwoko mengatakan, setelah resmi Sarimukti ditutup, sebagian sampah dari KBB akan dibuang ke TPA Regional Legoknangka di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung

AYO BACA : Pemkab Bandung Barat Nunggak Kompensasi TPA Sarimukti Rp248 Juta

berdasarkan hasil memorandum of understanding (MoU) dengan Pemprov Jabar, KBB hanya bisa membuang sampah 75 ton per hari ke TPA Regional Legok Nangka.

"Sedangkan ke Sarimukti kita membuang sampah 140-145 ton per hari, sehingga untuk sisanya, kita harus menyiapkan lahan pengganti," ujarnya saat dihubungi, Kamis (6/2/2020).

Apung mengatakan, lahan pengganti tersebut pilihannya yakni di Kecamatan Cililin dan Kecamatan Cipatat yang lokasinya tepat berada di samping TPA Sarimukti.

AYO BACA : Enggan Bayar KDN Rp3,2 Miliar, Sarimukti Tutup Akses Sampah Kota Bandung

Namun, kata Apung, untuk di Cililin kemungkinan tidak bisa dipilih karena masyarakatnya belum terbiasa dengan dampak negatif pembuangan sampah.

"Jadi kemungkinannya, kita mengambil lahan pengganti itu ya di Cipatat terlebih di sana ada lahan yang milik masyarakat, terutama di bawah tebing," katanya.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) KBB, kedua lahan pengganti tersebut memang locusnya untuk digunakan sebagai TPA.

"Tapi lahannya yang banyak tebing bukan perumahan, itu yang akan menjadi target kita untuk dibebaskan oleh pemerintah," katanya.

AYO BACA : Pindah Ke Legok Nangka, Operasional Sampah KBB Membengkak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar