Yamaha

Menyewa ‘Babysitter’ Ideal

  Kamis, 06 Februari 2020   Netizen Djoko Subinarto
[Ilustrasi] Babysitter. (Unsplash/Alex Pasarelu)

AYOBANDUNG.COM – Jika seorang wanita harus merangkap sebagai ibu rumah tangga sekaligus berposisi sebagai wanita karier sangat boleh jadi ia memiliki kesibukan seabrek. Sangat boleh jadi pula sebagian dari kesibukannya itu tidak mungkin ditanganinya sendiri. Misalnya saja dalam soal mengurus si kecil.

Di hari-hari ketika sang ibu harus ngantor di luar rumah, urusan si kecil tampaknya harus ditangani oleh orang lain. Banyak wanita berkeluarga yang memiliki kesibukan luar biasa di luar rumah akhirnya harus menjatuhkan pilihan untuk menyewa babysitter untuk mengurus dan merawat si kecil.

Menyewa babysitter untuk mengurus dan merawat si kecil memang bisa dilakukan oleh para wanita yang sibuk di luar rumah. Dengan modal sejumlah rupiah sudah bisa diperoleh seorang babysitter yang siap melakukan tugasnya untuk ibu-ibu yang banyak berkegiatan di luar rumah. Anda pun, kalau termasuk golongan ibu rumah tangga yang lebih banyak aktif di luar rumah, boleh saja memilih untuk memperkerjakan seorang babysitter.

Dewasa ini, terdapat beberapa agensi yang secara khusus menyalurkan babysitter kepada para keluarga yang membutuhkannya. Sebelum disalurkan, para babysitter ini diajari lebih dahulu berbagai keterampilan. Sebagian dari babysitter bahkan diajari pula berbahasa Inggris.

AYO BACA : Kenang Kematian Bayinya, Perempuan Ini Sumbang ASI Tolong Bayi Lain

Meskipun berasal dari sebuah agensi, Anda sebaiknya harus tetap cermat dalam memperkerjakan seorang babysitter. Tidak sedikit kasus sebuah keluarga dibuat kecewa berat oleh seorang babysitter yang mereka rekrut.

Beberapa keluarga bahkan mengalami kerugian material sangat besar ketika diketahui babysitter yang dipekerjakannya malah melakukan tindak kriminal, seperti mencuri. Masih mending kalau yang dibawa lari cuma sejumlah uang atau barang. Coba bila yang dibawa kabur itu justru bayi/anak yang diasuhnya, alamat celaka duabelas, bukan? 

Agar hal-hal yang tidak Anda inginkan tidak sampai terjadi, berikut sedikit panduan sekiranya Anda berniat merekrut babysitter.

Pertama, coba lebih dahulu tanya kanan-kiri seperti ke teman, kerabat, tetangga dekat atau rekan sekantor kalau-kalau mereka punya informasi mengenai babysitter yang baik dan andal.

AYO BACA : Diduga Kena Virus Corona, Wanita Ini Melahirkan Bayi dengan Selamat

Kedua, kalau Anda menghubungi agensi pengerah babysitter, pastikan agensi itu memasukkan asuransi di dalamnya sehingga jika terjadi kelalaian yang diakibatkan oleh sang babysitter, Anda mendapatkan penggantian yang memadai.

Ketiga, cermati apakah agensi bersangkutan pernah terlibat, langsung maupun tidak langsung, dengan tindak penipuan atau kasus kriminal lainnya terkait dengan babysitter yang dikelolanya.

Keempat, sekiranya Anda mendapatkan babysitter dari rekomendasi orang lain, tanyakan kepada pemberi rekomendasi mengenai riwayat kerja serta kinerja babysitter bersangkutan.

Setelah yakin untuk menjatuhkan pilihan pada babysitter tertentu, lakukan sedikit wawancara. Misalnya, tanyakan kepadanya sudah berapa lama menjalani profesi babysitter, rata-rata anak usia berapa yang diasuh oleh si babysitter, apakah ia pernah mengikuti pelatihan babysitter dan juga prosedur P3K.

Karena babysitter akan banyak berinteraksi dengan anak Anda, maka pilihlah babysitter yang menyukai anak-anak dan mampu berkomunikasi secara baik dengan anak-anak.

Pertimbangkan pula soal usia sang babysitter. Semakin dini usia anak, maka sebaiknya semakin tua usia babysitter. Jika sang babysitter harus menginap di rumah, maka yang bersangkutan pun sebaiknya berusia jauh lebih tua. Jangan memperkerjakan babysitter yang berusia muda, apalagi genit dan menggoda. Ada sebagaian babysitter yang berusia masih sangat belia, masih anak-anak. Sebaiknya jangan memperkerjakan mereka. Salah-salah, Anda bisa dianggap mengeksploitasi dan melanggar hak anak.

Karena beberapa alasan tertentu, mungkin saja Anda ogah menyewa babysitter, meski selalu sibuk di luar rumah. Tempat penitipan bayi dan anak dapat menjadi jalan keluar dalam soal ini. Anda bisa menitipkan bayi/anak di tempat penitipan, baik untuk seharian atau cuma untuk beberapa jam. Soal bayarannya, ada yang bisa dilakukan secara bulanan, ada juga yang bisa dilakukan secara harian.***

AYO BACA : Bayi Sudah Bisa Mendengar dan Melihat Sejak 16 Minggu Kehamilan?

Netizen : Djoko Subinarto
Djoko Subinarto

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar