Yamaha

Facebook Perkuat Kendali Orang Tua di Aplikasi Messenger Kids

  Rabu, 05 Februari 2020
Messenger Kids. (Richard Drew / AP file)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Facebook mengumumkan telah meningkatkan kontrol orang tua pada aplikasi pesan untuk anak-anak, Messenger Kids. Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk melindungi anak-anak dari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Menurut CNet, Rabu (5/2/2020), fitur baru ini memungkinkan orang tua memantau dan mengendalikan aplikasi Messenger Kids dari jauh.

AYO BACA : Facebook Akui Bantu Trump Jadi Presiden AS pada 2016

Orang bisa memeriksa kontak terbaru anak, riwayat obrolan, gambar yang terkirim atau diterima, menghapus pesan atau konten yang tidak pantas, mengecek daftar kontak yang diblokir, hingga fitur untuk dapat mengeluarkan anak dari dalam aplikasi itu.

Orang tua juga dapat mengunduh semua informasi Messenger Kids anak-anak mereka dalam sekali proses, sama seperti ketika mereka mengakses akun Facebook.

AYO BACA : Facebook Ajak Masyarakat Tingkatkan Privasi dalam Bermedia Sosial

Informasi yang bisa diunduh mencakup kontak anak dan semua pesan, gambar, dan video yang telah mereka kirim atau terima (anak akan diberitahu ketika orang tua mereka melakukan ini). Selain itu, Parent Dashboard juga bisa diakses dalam menu Messenger Kids dalam pintasan (shortcut) aplikasi Facebook.

Sebelumnya kehadiran Messenger Kids di tentang oleh banyak pihak, meskipun Facebook mengatakan bahwa aplikasi ini dirancang sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan dan Privasi Online Anak (COPPA) di Amerika Serikat.

Ahli perkembangan anak, kelompok advokasi kesehatan, pendidik, orang tua, dan banyak lagi, semua menyerukan agar Facebook menutup aplikasi ini. Mereka menilai Facebook memanfaatkan anak-anak untuk meraup keuntungan bisnis.

AYO BACA : Facebook Luncurkan Logo Baru Perusahaan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar