Yamaha

Diskominfo Jabar Gencarkan Sosialisasi PHBS ke Masyarakat Sepanjang Sungai Citarum

  Rabu, 05 Februari 2020   Nur Khansa Ranawati
Kepala Diskominfo Jabar Setiaji. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai bagian dari kelompok kerja Humas program Citarum Harum, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat bakal terus menggencarkan sosialisasi program Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) kepada masyarakat Jabar khususnya yang tinggal di sepanjang Sungai Citarum. Pada 2020, sosialisasi tersebut akan dilakukan dengan lebih masif. 

Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mengatakan sepanjang 2019 telah melakukan sosialisasi langsung ke berbagai sekolah terkait PHBS. Hal tersebut dilaksanakan agar masyarakat memiliki kesadaran hingga ke tingkat individu untuk menjaga keasrian sungai terpanjang di Jabar tersebut. 

"Tujuan utamanya selaras dengan tujuan program Citarum Harum yang telah dicanangkan sebagai program strategis nasional, yaitu bagaimana agar sungai ini bjsa dikembalikan ke kondisi semula, tidak tercemar polutan, dan bisa jadi tempat tinggal aneka ikan," ungkapnya, Selasa (4/2/2020). 

infografis

Secara umum, PHBS mengajak masyarakat untuk tidak mencemari sungai dengan berhenti membuang sampah dan limbah rumah tangga ke badan sungai. Selain itu, PHBS juga mengajarkan masyarakat cara menjaga kebersihan diri dalam kehidupan sehari-hari. 

Manfaat lain PHBS yakni masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat. 

Sosialisasi yang telah dilakukan selama setahun belakangan mayoritas menyasar warga usia remaja. PHBS diajarkan secara langsung ke SMA dan SMK di sekitar Sungai Citarum. 

"Kami berikan sosialisasi dan edukasi langsung mengenai arti penting PHBS dan para siswa juga melakukan ikrar untuk memulai hidup sehat," jelasnya. 

Tahun ini, dia mengatakan, sosialisasi tidak hanya menyasar sekolah-sekolah. Rencananya, konten audio visual yang lebih mudah dicerna masyarakat juga akan hadir terintegrasi dalam aplikasi Sapa Warga. 

Aplikasi ini sudah diunduh ke dalam setiap ponsel yang telah dibagikan kepada sekitar 50.000 ketua RW se-Jabar. Sehingga, diharapkan para ketua RW juga dapat menjadi agen yang mampu menyebarluaskan pentingnya PHBS dalam kehidupan sehari- hari.

"Apalagi sekarang kan ramai pencegahan virus Corona juga, jadi PHBS ini akan disosialisasikan secara lebih luas lagi," jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar