Yamaha

[Cek Fakta] Kabar Mahasiswa Telkom University Terjangkit Corona Dipastikan Hoaks

  Rabu, 05 Februari 2020   Fira Nursyabani
Klarifikasi hoaks mahasiswa Telkom University terjangkit virus corona. (Jabar Saber Hoaks)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Belakangan ini beredar kabar seorang mahasiswa Telkom University, Kabupaten Bandung, terjangkit virus corona sepulang dari Wuhan, Cina. Namun, Jabar Saber Hoaks memastikan informasi tersebut tidak benar.

"Beredar informasi yang mengatakan jika ada mahasiswa Telkom University Bandung, yang terkena virus Corona. Setelah kami melakukan penelusuran informasi tersebut adalah SALAH," tulis @jabarsaberhoaks di Twitter, seperti dikutip Ayobandung.com, Rabu (5/2/2020).

Menanggapi hal tersebut, Telkom University turut memberikan klarifikasi. Diketahui mahasiswa tersebut memang benar baru melakukan perjalanan dari Wuhan. Setelah mendengar kabar itu, pihak universitas melakukan langkah antisipasi dengan memeriksa kondisi kesehatan mahasiswa itu.

AYO BACA : Antisipasi Corona, Disnaker Terus Pantau Kondisi Pekerja Cina di Bandung

Telkom University turut menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung yang berkoordinasi dengan RSHS serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Hasil pemeriksaan menunjukan mahasiswa tersebut negatif corona.

"Gejala yang dialami mahasiswa yang bersangkutan juga hanya batuk dan tidak ada sesak atau demam," ujar Telkom University dalam keterangan resminya.

Mengutip dari Instagram Story @drama.telyu, mahasiswa yang terduga corona itu ikut mengeluarkan pernyataan. Ia membenarkan bahwa dirinya baru saja bepergian ke Wuhan pada 16-19 Januari lalu. Ia mengaku sudah kembali ke Indonesia pada 20 Januari.

"Artinya saat ini sudah lewat 14 hari. Alhamdulillah masih sehat-sehat saja," tulis mahasiswa angkatan 2016 yang tidak disebutkan namanya itu.

AYO BACA : Disnaker: Hanya Ada 23 TKA Cina di Kota Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar