Yamaha

5 Tanda Kekurangan Vitamin D

  Rabu, 05 Februari 2020
Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Vitamin dan nutrisi, memainkan peran kunci dalam tubuh manusia. Salah satu vitamin paling penting adalah vitamin D. Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Dilansir Pink Villa, Selasa (3/2), sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik dan karenanya dokter merekomendasikan untuk menghabiskan waktu di bawah sinar matahari setiap hari. Kekurangan vitamin D juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya berikut gejala yang bisa timbul karena kekurangan vitamin D.

1. Selalu merasa lelah
\nIni adalah salah satu gejala defisiensi vitamin D yang paling umum. Jika Anda sering merasa lelah bahkan setelah makan dan tidur cukup, mungkin Anda mengalami kekurangan vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk fungsi otot rangka, dan kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kelelahan.

2. Nyeri tulang dan punggung
\nSama seperti nutrisi penting lainnya, vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika Anda sering mengalami rasa sakit, maka itu mungkin pertanda kandungan vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Sesuai penelitian, kekurangan vitamin dapat menyebabkan rasa sakit di tubuh.

3. Luka sulit sembuh
\nPemulihan luka yang lambat dikaitkan dengan rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berperan penting dalam mengendalikan peradangan dan melawan infeksi. Orang yang menderita kekurangan vitamin D dapat menderita peradangan, yang dapat menghambat proses penyembuhan.

4. Rambut rontok
\nKerontokan rambut disebabkan karena berbagai alasan, salah satunya kekurangan vitamin D. Vitamin D membantu folikel rambut untuk tumbuh, walhasil jika kekurangan vitamin D, kualitas rambut akan terpengaruh. Vitamin D juga menyebabkan alopecia areata, suatu kondisi yang menyebabkan rambut rontok.

5. Tidak percaya diri
\nVitamin D memainkan peran penting dalam mengangkat suasana hati. Jika Anda merasa tidak percaya diri atau tertekan, paparan sinar matahari di pagi hari mungkin membantu menghibur Anda. Paparan sinar matahari bahkan direkomendasikan untuk orang yang menderita depresi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
-->

   Komentar