Yamaha

Hilang 95 Tahun di Segitiga Bermuda, Bangkai Kapal Ini Akhirnya Ditemukan

  Selasa, 04 Februari 2020
Ilustrasi kapal tenggelam. (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kapal laut SS Cotopaxi diketahui telah hilang di Segitiga Bermuda pada 1925 lalu. Kisah ini selama 95 tahun lamanya menjadi misteri. Uniknya, bangkai kapal ini telah ditemukan.

Kapal SS Cotopaxi dengan 32 awak diketahui berangkat pada 29 November 1925 dari Charleston, South Carolina, Amerika Serikat menuju Havana, Kuba.

Sayangnya, dalam perjalanan, kapal SS Cotopaxi beserta awak kapal, hilang kontak dan lenyap begitu saja tertelan Bumi. Pencarian sempat dilakukan, namun justru berujung nihil.

Sejalan dengan hilangnya kapal SS Cotopaxi ini, banyak rumor ikut berhembus diiringi dengan berbagai teori konspirasi yang mendukungnya.

Setelah 95 tahun kemudian, sebuah laporan menyebutkan bahwa bangkai kapal SS Cotopaxi telah ditemukan oleh seorang peneliti dan penjelajah bernama Michael Barnette.

Sebagaimana dilansir Hitekno dari ABC News, Michael Barnette mengaku telah melakukan penyelaman kapal karam berkali-kali. Penemuan kapal SS Cotopaxi yang hilang 95 tahun lalu ini adalah hal menakjubkan.

Usaha Michael Barnette menemukan kapal SS Cotopaxi ini terbilang cukup sulit. Pasalnya, dirinya dan tim perlu mengumpulkan berbagai dokumen bersejarah dan asuransi kapal untuk mengetahui kontak terakhir yang terjadi.

Berdasarkan data tersebut, terungkap bahwa kapal SS Cotopaxi memiliki kontak terakhir pada 1 Desember 1925.

Menggunakan data pemetaan rute kapal, koordinat sinyal, dan petunjuk jalan, Michael Barnette lalu diarahkan ke sebuah daerah bernama Bear Wreck.

Di Bear Wreck yang berada di lepas pantai St. Augustine, Florida, Michael Barnette dan kawan-kawan menemukan sebuah kapal karam yang sama sekali belum teridentifikasi.

Melihat data yang dikumpulkan, tim ini lalu sepakat bahwa bangkai kapal ini adalah SS Cotopaxi. Kapal yang hilang kontak bertahun-tahun lalu.

Bukan tanpa alasan, Michael Barnette sepakat bahwa bentuk, panjang, mesin dan ukuran boiler kapal karam ini sama persis dengan SS Cotopaxi.

Setelah 95 tahun lamanya, terungkap bahwa kapal SS Cotopaxi sama sekali tidak hilang di wilayah Segitiga Bermuda. Penemuan ini sekaligus membantah berbagai rumor dan teori konspirasi yang merebak terkait hilangnya kapal ini.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar