Yamaha

Jaga Kesehatan Tubuh dan Lingkungan ala Fun Bike Forkopminda Jabar

  Jumat, 31 Januari 2020   Nur Khansa Ranawati
Fun Bike Forkopminda Jabar, Jumat (31/1/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM --Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopminda) Jawa Barat melangsungkan acara gowes sepeda dan penanaman pohon bersama di Bandung, Jumat (31/1/2020). Acara bertajuk Fun Bike dan Penanaman Sejuta Pohon tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai instansi.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, acara tersebut juga bertujuan mengajak para peserta untuk dapat menjaga kesehatan diri maupun lingkungan. Pasalnya, di penghujung kegiatan bersepeda sepanjang 13 kilometer tersebut akan dilaksanakan kegiatan simbolis menanam pohon pencegah longsor.

"Di ujung perjalanan bersepeda akan ada penanaman vetiver, tanaman ini sangat kuat dalam menahan longsor di tanah curam," ungkapnya.

Dia mengatakan, penanaman vetiver tersebut sekaligus juga menjadi penanda simbolis kegiatan penanaman jutaan pohon di Jabar yang akan dilakukan tahun ini. Emil menargetkan ada 50 juta pohon yang akan ditanam.

"Tujuannya untuk mengembalikan lahan kritis dengan menanam pohon. Di bulan ini ada penanaman 50 juta pohon, target yang ambisius tapi ya insyaallah lah," ungkapnya.

Emil berharap kegiatan bersepeda dan menanam pohon ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk mulai melakukan gerakan serupa. Sehingga kesehatan fisik maupun lingkungan dapat diraih.

"Mudah-mudahan gerakan kita hari ini diikuti masyarakat lain dan berkelanjutan sehingga kita bisa sehat secara fisik dan lingkungan jadi hijau," ungkapnya.

Adapun rute yang ditempuh dalam kegiatan bersepeda adalah Gedung Sate-Jalan Diponegoro-Jalan Ir.H.Juanda-Jalan Pelajar Pejuang-Jalan Buahbatu-jalan Raya Bojongsoang hingga finish di Jembatan Biru Taman Edukasi Citarum Harum Dayeuhkolot. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi Sufahriady dan didukung oleh bank bjb. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar