Yamaha

Yasonna: Emang Saya Tolol Mau Lindungi Buronan KPK Harun Masiku?

  Kamis, 30 Januari 2020
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. (Dok Kemenkumham)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa tidak mungkin dirinya akan pasang badan untuk melindungi tersangka yang kini buron, yakni Harun Masiku. Harun diketahui merupakan kader PDI Perjuangan sama dengan Yasonna.

Untuk menepis anggapan itu, Yasonna sudah membentuk tim independen. Tim tersebut merupakan tindak lanjut yang dilakukan Yasonna usai dirinya mencopot Ronny F Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

AYO BACA : Dianggap Rintangi Kasus Suap Harun Masiku, Yasonna Laoly Dilaporkan ke KPK

Tim tersebut bertugas untuk menyelidiki apa penyebab sampai terjadinya keterpambatan dan kesalahan informasi mengenai keberadaan dan kedatangan Harun di Indonesia usai mengunjungi Singapura.

"Tapi kan saya mau supaya betul-betul transparankan yang saya enggak suka ada orang berasumsi seolah-olah saya itu melindungi, bukan melindungi," kata Yasonna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

AYO BACA : Menkumham Copot Dirjen Imigrasi Terkait Kasus Harun Masiku

Yasonna bahkan mengaskan dirinya tidak mungkin melakukam tindakan bodoh dengan memilih untuk melindungi keberadaan Harun Masiku yang kini menjadi buronan KPK.

"Saya kira intelektualitas saya bukan belum seperti itu tololnya. Saya belum ingin melakukan harakiri politik, saya kira hanya soal-soal begitu, terlalu tolol saya. Saya pikir saya (tidak) setolol itu, enggak sampe segininya," kata Yasonna.

Sebelumnya, Yasonna bahkan mengaku siap mundur jika hasil temuan tim independen justru menyatakan tidak ada kesalahan yang dilakukan oleh Ronny.

Jika tidak ada kesalahan, nantinya juga Ronny memiliki kemungkinan untuk kembali menjabat di Ditjen Imigrasi.

"Ya orang enggak salah gimana? Kalau enggak salah, saya yang mundur dari menteri karena saya yakin (Ronny) salah," tandas Yasonna.

AYO BACA : KPK Bakal Tangkap Orang yang Sembunyikan Harun Masiku

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar