Yamaha

Jokowi: Semua Proyek Pengendalian Banjir Bandung Selesai Tahun Ini

  Rabu, 29 Januari 2020   Mildan Abdalloh
Presiden RI Joko Widodo saat meninjau terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Rabu (29/1/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

MARGAASIH, AYOBANDUNG.COMĀ -- PresidenĀ Joko Widodo menargetkan semua proyek infrastruktur pengendali banjir Bandung akan rampung tahun ini. Jokowi mengatakan, selain kolam retensi Cieunteung dan terowongan air Nanjung, terdapar juga proyek infrastruktur pengendali banjir Bandung yang lain, seperti kolam retensi Andir, Gedebage dan sodetan Cisangkuy.

"Insyaallah tahun ini semua proyek selesai," tutur Jokowi saat melakukan peresmian terowongan air Nanjung, Rabu (29/1/2020).

AYO BACA : Resmikan Terowongan Nanjung, Jokowi Klaim Efektif Atasi Banjir Bandung

Selain proyek infrastruktur, pemerintah juga terus melakukan rehabilitasi lahan kritis di hulu Citarum dengan cara rebiosasi. Upaya-upaya tersebut sebagai bagian dari penanggulangan banjir yang terjadi ketika hujan di Bandung, seperti Rancaekek, Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang di Kabupaten Bandung.

Jokowi melanjutkan, jika sejumlah proyek infrastruktur rampung seperti kolam retensi Cieunteung dan terowongan air Nanjung, maka akan memberi dampak positif pengendalian banjir.

AYO BACA : Terowongan Nanjung Curug Jompong Beroperasi 2020

Dia menyontohkan dengan dua infrastruktur tersebut bisa mengurangi dampak, seperti luas genangan yang biasanya mencapai 490 hektar, kini hanya tinggal 80 hektar.

Dari sisi pengungsi juga kata Jokowi sudah jauh berkurang, saat banjir seperti saat ini biasanya 160.000 warga mengungsi, namun saat ini hanya tinggal 77.000 saja.

"Ini angka-angkanya sudah kelihatan. Nanti akan selesai kalau proyek-proyek tadi disebutkan rampung," tutupnya.

AYO BACA : Terowongan Nanjung Efektif Atasi Banjir Bandung Raya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar