Yamaha

RSHS Bagikan Tips Cegah Penularan Virus Corona

  Selasa, 28 Januari 2020   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun. (dok. Ayobandung.com)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Meski hingga saat ini belum terdapat orang yang dinyatakan positif terinfeksi novel Coronavirus (2019 n-CoV) di Indonesia, namun masyarakat tetap diminta untuk waspada. Salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan diri.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr.Riyadi, Sp.A(K) mengatakan, higienitas tersebut dapat dipraktekan lewat tata cara batuk dan bersin yang baik. Dia mengatakan, apabila Anda akan mengeluarkan bersin dan batuk, hendaknya tutuplah hidung dan mulut Anda menggunakan tisu.

"Pakai tisu, jangan pakai tangan. Setelah itu tutup (lipat) permukaan tisu tempat kita batuk dan bersin, lalu buang ke tempat sampah," ungkapnya ketika ditemui di RSHS, Senin (27/1/2020).

Setelah itu, dia mengatakan, cucilah tangan Anda di air yang mengalir menggunakan sabun atau pencuci tangan (hand sanitizer) berbasis alkohol. "Bukan langsung pakai alkohol, tapi pakai yang berbasis alkohol hingga 70%," jelasnya.

Bila tidak ada tisu, Anda sebaiknya menutup hidung dan mulut ketika bersin dengan menggunakan lengan bagian dalam. Hal ini dilakukan agar virus tetap berada di lengan pakaian bagian dalam (dekat ketiak) untuk menghindari virus berpindah ketika tersenggol orang.

AYO BACA : Tak Perlu Panik, Begini Kondisi Terbaru 2 Pasien Terduga Corona di RSHS

Mencuci tangan pun ada aturannya. Agar kuman dan bakteri yang terdapat dalam tangan bisa bersih maksimal, terdapat enam langkah yang dapat Anda praktekan. Langkah tersebut terangkum dalam gerakan "Tepung Selaci Puput", yakni:

1. Telapak tangan, ratakan sabun dengan menggosok kedua telapak tangan Anda

2. Punggung tangan, gosokkan sabun ke punggung tangan dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan kanan

3. Sela-sela jari, gosok telapak tangan dan sela-sela jari tangan kiri dan kanan bagian dalam

4. Kunci, gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci

AYO BACA : RSHS Siapkan 5 Ruang Isolasi Khusus Pasien Corona

5. Putar, kemudian gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya

6. Putar, usapkan ujung-ujung jari tangan kanan dengan diputar di telapak tangan kiri, lakukan pada kedua tangan.

"Kalau sudah selesai seharusnya 95% kuman di tangan kita sudah mati," ungkap Riyadi.

Selain itu, dia juga menjelaskan perihal penggunaan masker yang benar. Untuk masker standar berwarna hijau yang kerap digunakan saat operasi, pakailah dengan bagian warna hijau menghadap ke luar.

"Di bagian dalamnya itu yang warna putih, fungsinya agar ketika ada droplets tidak tembus," ungkapnya.

Kemudian tekuk bagian yang keras yang berada di dekat hidung agar masker melekat sempurna dan mencegah udara masuk secara berlebihan. Pastikan masker telah menutup mulut dan hidung.

"Jangan pegang-pegang bagian luar maskernya karena itu sudah kotor. Kalau mau dilepas, ambil dari bagian belakang. Gulung lalu buang ke tempat sampah infeksius," ungkapnya. Dia juga mengimbau untuk tidak menggantung masker di leher atau mengantongi masker yang sudah selesai dipakai.

AYO BACA : RSHS Jelaskan Gejala Jika Seseorang Terjangkit Virus Corona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar