Yamaha

Wahyu Setiawan Mengaku tak Tahu Sumber Uang Suap Harun Masiku

  Selasa, 28 Januari 2020
mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pengacara mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, Toni Akbar Hasibuan, menuturkan, kliennya tidak mengetahui sumber uang suap dari politikus PDIP Harun Masiku. Adapun sumber uang suap tersebut sempat ditanyakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemeriksaan Wahyu beberapa hari lalu.

Menurut Toni, Wahyu belum bisa mengonfirmasi apakah sumber uang yang digunakan untuk menyuap dalam proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI Fraksi PDIP tersebut berasal dari partai berlambang banteng moncong putih. Sebab, uang tersebut dibawa tersangka lain yang juga mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina.

AYO BACA : KPK Bantah Sembunyikan Harun Masiku

Toni mengklaim, baik dia maupun kliennya tidak mengetahui asal uang yang akan digunakan sebagai pemulus proses PAW tersebut. Ia menegaskan, yang lebih mengetahui sumber uang tersebut adalah Agustiani Tio.

“Itu dibawa Ibu Tio dan dia tidak cerita uang itu dari mana. Rp 200 juta itu, jadi mekanismenya begini, waktu itu sudah disampaikan sudah diterima oleh Pak Wahyu, dan sumbernya dari mana belum terkonfirmasi,” tutur Toni, Senin (27/1).

AYO BACA : KPK Bakal Tangkap Orang yang Sembunyikan Harun Masiku

Kuasa hukum menambahkan, KPK melakukan perpanjangan penahanan terhadap kliennya. Pada Senin (27/1), Wahyu Setiawan menandatangani surat perpanjangan masa penahanan di kantor KPK. Tidak ada agenda pemeriksaan terhadap komisioner KPU asal Banjarnegara tersebut pada awal pekan ini.

"Hari ini tidak ada pemeriksaan, hanya tanda tangan perpanjangan penahanan, ini perpanjangan kedua 40 hari, cuman itu saja," ujar Toni.

Wahyu sendiri juga mengaku sempat dicecar soal Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam pemeriksaan sebelumnya. Diketahui, Hasto juga telah diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus tersebut pada Jumat (24/1).

AYO BACA : Terkait Kasus Harun Masiku, KPK Periksa Ketua KPU Arief Budiman

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar