Yamaha

Diet Selalu Gagal Total, Ini 4 Penyebab Paling Dasar

  Selasa, 28 Januari 2020
[Ilustrasi] Gagal diet. (Pixabay)

Meski memiliki label sehat, makanan yang dikonsumsi saat berdiet juga harus dibatasi.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Banyak orang gagal diet karena menyerah di tengah jalan. Namun, selain waktu yang tak instan, apa saja penyebab diet gagal total?

Setidaknya, ada sejumlah kesalahan yang perlu dihindari ketika seseorang ingin menjalankan program penurunan berat badan. Berikut kutipannya seperti dilansir Prevention.

1. Kurang tepat menghitung kebutuhan kalori harian

Survei yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa hanya 11 persen orang Amerika yang bisa menghitung kebutuhan asupan kalori harian dengan tepat. Sebagian besar responden cenderung memperkirakan kebutuhan kalori harian mereka terlalu tinggi.

AYO BACA : Ingin Diet Tapi Tetap Makan, Coba Konsumsi 5 Makanan Alami Ini

Sebagai contoh, mereka mengira membutuhkan 2.000 kalori per hari. Padahal, sebenarnya orang hanya membutuhkan sekitar 1.800 kalori per hari. Kelebihan 200 kalori ini cukup untuk mempertahankan sekitar 4,5 kg berat badan.

Namun, dalam diet untuk menurunkan berat badan, penting untuk tidak hanya berfokus pada jumlah kalori. Kualitas asupan kalori juga perlu diperhatikan. Misalnya, memilih makanan yang kaya akan gizi seperti sayur, buah, gandum utuh, daging tanpa lemak, dan lemak sehat.

2. Olahraga tak bervariasi

Penting untuk melakukan olahraga yang bervariasi saat sedang menurunkan berat badan. Misalnya, beberapa hari melakukan olahraga kardio dan latihan kekuatan, hari-hari berikutnya olahraga yang melatih otot.

Melakukan olahraga yang sama berulang hanya akan membuat tubuh beradaptasi dengan kondisi tersebut. Akibatnya, tubuh tidak berusaha keras untuk membakar kalori dan membangun otot.

AYO BACA : Hati-hati Gagal Diet Karena Kecanduan Makan, Kenali 4 Tandanya

3. Menganggap olahraga sebagai 'kompensasi'

Kunci dari menurunkan berat badan adalah kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang dikeluarkan. Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan atau digunakan oleh tubuh.

Namun, berolahraga bukan berarti membuat seseorang yang sedang berdiet bisa makan sesukanya, terlebih makanan berkalori tinggi. Bisa saja makanan yang dikonsumsi itu memiliki kalori yang lebih besar dibandingkan kalori yang terbakar saat berolahraga.

Selama menurunkan berat badan, fokus pada sumber makanan berkualitas, seperti sayur, buah, gandum utuh dan daging tanpa lemak.

4. Tidak mengontrol porsi

Buah, cokelat hitam, dan kacang-kacangan merupakan makanan yang sehat dan bisa dikonsumsi saat sedang menurunkan berat badan. Meski memiliki label sehat, makanan yang dikonsumsi saat berdiet juga harus dibatasi. Kandungan kalorinya perlu diperhitungkan.

AYO BACA : Ini Cara Diet Cepat dan Sehat Jelang Menikah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar