Yamaha

RSHS Kirim Sampel Pasien Observasi Corona ke Jakarta

  Senin, 27 Januari 2020   Nur Khansa Ranawati
Konferensi pers yang digelar di RSHS terkait pasien suspek virus corona, Senin (27/1/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini, dua orang yang tengah diobservasi terkait kemungkinan terjangkit novel Coronavirus (2019 n-CoV) di Kota Bandung masih berada dalam tahap pemeriksaan oleh tim dokter khusus di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Pihak RSHS telah mengirim sampel hasil observasi ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta untuk diteliti lebih lanjut.

AYO BACA : Sempat Diduga Terjangkit Corona, 2 Pasien RSHS Didiagnosa Terkena Infeksi Saluran Pernapasan

"Belum ada konfirmasi, hari ini kami baru kirim sampelnya. Masyarakat tidak perlu panik," ungkap Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi dalam konferensi pers yang digelar di RSHS, Senin (27/1/2020).

Sebelumnya, kedua pasien ini dirujuk ke RSHS pada Minggu (26/1/2020) dari RS Cahya Kawaluyaan Padalarang dan RS Borromeus Bandung. Keduanya diketahui mengalami gejala penyakit yang berada dalam daftar gejala infeksi virus corona, dan memiliki riwayat perjalanan dari dua negara yang telah terinfeksi.

AYO BACA : Warga Khawatir Virus Corona Masuk ke Bandung, RSHS Jadi Trending di Twitter

Satu pasien merupakan WNA asal Cina, dari sebuah kota yang berjarak 1.300 kilometer dari Wuhan, pusat virus corona berasal. Sementara satu pasien lainnya adalah WNI yang baru pulang dari Singapura.

Hasil pemeriksaan tim medis RSHS menyatakan bahwa sejauh ini kedua pasien mengalami infeksi saluran pernapasan akut. Salah satunya juga diketahui memiliki penyakit bawaan epilepsi.

"Satu pasien mengalami infeksi saluran pernapasan akut bagian atas dan satunya lagi mengalami infeksi saluran pernapasan akut bagian bawah," ungkap Nina.

Nina menyatakan hasil dari pemeriksaan litbangkes akan keluar dalam 1 sampai 2 hari kerja. Pihak RSHS juga menyatakan telah melakukan edukasi bagi para keluarga dan kerabat kedua pasien guna menghindari penularan. 

AYO BACA : RSHS: Terduga Terinveksi Corona Masih Diperiksa, Masyarakat Tidak Perlu Panik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
-->

   Komentar