Yamaha

Warga Khawatir Virus Corona Masuk ke Bandung, RSHS Jadi Trending di Twitter

  Senin, 27 Januari 2020   Fira Nursyabani
Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) mendadak banyak diperbincangkan warganet di Twitter. Hingga berita ini diturunkan, RSHS masih bertengger di trending topic Twitter dengan 21.200 cuitan.

Hal tersebut dipicu oleh kabar yang mengatakan rumah sakit tersebut tengah merawat seorang pasien asal Cina yang diduga terjangkit Virus Corona. Diketahui virus yang berasal dari Kota Wuhan tersebut telah menyebabkan ribuan orang terinfeksi dan 80 lainnya tewas di Cina.

Sejumlah warganet menumpahkan kegelisahannya di Twitter akan wabah tersebut. Mereka khawatir virus corona sudah sampai ke Kota Bandung.

RSHS sendiri saat ini tengah menyampaikan konfirmasi terkait isu tersebut. Menurut keterangan resmi yang diunggah sebelumnya, RSHS menyatakan pasien dari RS Cahaya Kawaluyaan ke rumah sakit itu belum dinyatakan suspek virus corona, melainkan masih dalam pemeriksaan para ahli.

AYO BACA : Pakai Masker Bedah, Cara Ampuh Mencegah Virus Corona?

RSHS meminta masyarakat tidak resah dengan pemberitaan terduga terinveksi corona yang sudah menyebar. Humas RSHS Reni Meisuburriyani mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap menjaga kesehatan hidup bersih dan sehat.

Dinas Kesehatan Kota Bandung pun mengimbau masyarakat untuk turut berjaga-jaga dan mewaspadai virus tersebut. Namun, warga diminta untuk tidak panik dan cemas berlebihan. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Rosye Arisdiani Apip mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan warga Kota Bandung. 

"Jika ada yang baru bepergian ke daerah endemis yaitu Kota Wuhan di Cina, tidak perlu panik, tetapi harus waspada,” tutur Rosye, Sabtu (25/1/2020). 

AYO BACA : RSHS: Terduga Terinveksi Corona Masih Diperiksa, Masyarakat Tidak Perlu Panik

Warga yang baru pulang dari Wuhan, Cina, dan mengalami demam dalam kurun waktu 14 hari, agar segera memeriksakan kesehatannya di fasilitas kesehatan terdekat, baik puskesmas maupun rumah sakit. 

“Terapkan etika batuk, yaitu dengan menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dengan menggunakan sapu tangan atau tissue. Gunakan masker kalau menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas, dan cuci tangan setelah batuh atau bersin,” imbuhnya.

Rosye juga meminta warga agar hidup lebih bersih dan sehat. Cara termudah adalah dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. 

Setelah itu, bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air, dapat pula menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80%. 

"Kita juga harus menjaga lingkungan agar bebas dari sampah, menggunakan sumber air bersih untuk kebutuhan aktivitas keseharian,” katanya.

AYO BACA : Virus Corona Menyebar, Dinkes Minta Masyarakat Kota Bandung Lakukan Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar