Yamaha

Saluran Irigasi Persawahan Purwakarta Tertimbun Longsor, Pipa Baru Segera Dipasang

  Jumat, 24 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Area persawahan di Desa Legoksari Kecamatan Darangdan ambrol saat diguyut hujan pada malam pergantian 2020. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan segera memasang pipa pada saluran air di area persawahan Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, yang sebelumnya tergerus longsor pada malam Tahun Baru 2020 lalu.

Sekda Kabupaten Purwakarta Iyus Permana mengaku telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp24,6 juta berasal dari APBD 2020 untuk pembelian pipa berukuran 8 inci. Perbaikan akan dilakukan pada awal Februari 2020 melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian.

AYO BACA : Angka Perceraian di Purwakarta Tinggi, Masalah Ekonomi Jadi Penyebab Utama

"Untuk sementara penanggulangan awal akan menggunakan pipa berukuran 8 inci," ungkap dia, Jumat (24/1/2020).

Ia mengatakan, jika pemasangan pipa telah dilakukan pasokan air ke persawahan milik para petani akan kembali normal.

AYO BACA : Satu Kecamatan di Purwakarta Masuk Daerah Rawan Bencana Kategori Tinggi

"Yang penting sekarang air dapat mengalir mengairi persawahan di hilir dulu, jika perbaikan keseluruhan angkanya belum diketahui, karena harus dihitung rencana anggaran biaya (RAB) dulu," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, tanah penahan tebing di ketinggian sekitar 20 meter di Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, ambrol menimpa area sawah yang ada di bawahnya pada malam pergantian Tahun Baru 2020.

Akibat bencana alam tersebut sedikitnya 150 hektare lebih area pertanian di Kecamatan Darangdan dan Plered, terancam tidak bisa ditanami padi karena saluran irigasi yang menjadi sumber utama air untuk mengaliri area pertanian terputus tergerus longsor.

AYO BACA : Dinas Pendidikan Purwakarta Klaim Siap Perbaiki 38 SD Tahun Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar