Yamaha

Imlek 2020, Catat 5 Lokasi Pertunjukan Barongsai di Bandung

  Jumat, 24 Januari 2020   Nur Khansa Ranawati
Pertunjukan barongsai di Trans Studio Mall, Kota Bandung. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 sudah di depan mata. Jelang 25 Februari 2020, berbagai persiapan kemeriahan Imlek mulai muncul di berbagai titik kota.

Salah satunya yang banyak dipersiapkan di Kota Bandung adalah pertunjukan barongsai. Anda yang berniat menyaksikan tarian tradisional Tiongkok tersebut di hari Imlek dapat mengunjungi 5 tempat berikut:

1. Kebun Binatang Bandung

img-5356-resized

Pertunjukan barongsai di Kebun Binatang Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) menyelenggarakan pertunjukan barongsai selama dua hari pada 25-26 Februari 2020. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di plaza utama dan juga di kolam bulat, salah satu fasilitas anyar di dekat zona Afrika.

Humas Bazoga, Sulhan Syafi'i mengatakan pertunjukan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB-13.00 WIB secara cuma-cuma. Adapun atraksi yang akan ditampilkan adalah barongsai tonggak.

2. Cihampelas Walk

AYO BACA : Intip Tradisi Unik Perayaan Imlek di Indonesia

Mal yang terletak di Jalan Cihampelas ini dikenal dengan pertunjukan barongsai khas-nya tiap tahun, yakni barongsai LED dengan permainan cahaya. Tahun ini, pertunjukan tersebut akan kembali digelar pada 25 Januari.

Selain itu, Ciwalk juga menghadirkan suasana belanja dalam balutan ornamen oriental bertema "Exotic Shanghai" paa 20 Januari-2 Februari 2020. Di hari Imlek juga akan muncul sosok Cicimouse, tikus dengan cheongsam yang akan membagikan cokelat emas pada pengunjung.

3. Dusun Bambu

imlek-dusun-bambu

Suasana Imlek di Dusun Bambu. (Ayobandung.com/Tri Junari)

Objek wisata yang terletak di Jalan Kolonel Masturi ini rencananya akan menggelar parade barongsai dan liong pada 25-26 Januari mendatang. Selain itu, suasananya pun akan dihias dengan berbagai ornamen cantik khas Tionghoa seperti lampion.

"Mengusung semangat Imlek 2020, kami akan menyajikan parade Barongsai dan Liong. Namun, di samping itu kita juga tidak lepas dari eduwisata sunda dengan menggelar permainan tradisional kaulinan Sunda yakni ulin langlayangan," ungkap Reza kepada Ayobandung.com, Rabu (22/1/2020).

Adapun parade dua barongsai dan satu liong dibagi dalam dua sesi pertama  pada pukul 10.00 WIB dan jam 14.00 WIB. Sementara pertunjukkan lainnya yakni ulin langlayangan akan digelar mulai pukul 10.00 WIB-16.00 WIB di wahana Tegal Pangulinan.

AYO BACA : Libur Imlek 2020, Lembang Diprediksi Padat Merayap

"Bersamaan dengan itu kita juga menawarkan glitter tattoo bagi pengunjung yang berkenan," ungkapnya.

4. Trans Studio Mal

1

Pertunjukan barongsai di Trans Studio Mall, Kota Bandung. (dok. Ayobandung.com)

TSM akan menghadirkan berbagai pertunjukan barongsai meliputi barongsai tonggak, barongsai lantai dan barongsai tonggak dewa uang pada 25-26 Januari 2020.

Pertunjukkan ini akan diselenggarakan pada pukul 12.00 WIB-15.30 WIB di kedua hari tersebut. TSM mengklaim pertunjukkan barongsai yang akan disajikan pihaknya nanti adalah pertunjukan barongsai kelas dunia.

5. Mal Paskal 23

Di mal ini, pertunjukkan barongsai akan hadir pada 25-26 Januari 2020, masing-masing dimulai pada pukul 15.00 WIB. Barongsai lantai dan pathok akan menghibur para pengunjung yang hadir.

Pertunjukkan musik tradisional Cina juga akan hadir pada 26 Januari pukul 13.00 WIB siang. Sementara itu, di dalam mal akan muncul sosok Dewa Rejeki yang rencananya berkeliling mal untuk membagikan angpao. Akan hadir pula Kampung Imlek oleh perancang busana Anne Avantie pada 28 Januari-2 Februari. 

AYO BACA : Meriahkan Imlek, Yuk Intip Tutorial Make-up Oriental Look

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar