Yamaha

Robert Alberts Bicara Target Persib untuk Musim 2020

  Kamis, 23 Januari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung Robert Albert bicara soal target Persib untuk Musim 2020. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

"Tim lain di dunia juga sama-sama punya target yang tinggi. Tapi di Indonesia, semua tim mematok target yang tinggi dan itu sesuatu yang harus menjadi pelajaran. Kami harus lebih realistis dalam menentukan target tim."

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Di tahun keduanya menakhodai Persib Bandung, Robert Alberts mulai menata target untuk musim 2020.

Di musim perdananya bersama Maung Bandung pada 2019, pelatih asal Belanda ini sempat gagal memenuhi target membawa Persib finis di lima besar klasemen akhir.

AYO BACA : Komentar Pelatih Persib Usai Kehilangan Ezechiel Ndouassel

Untuk musim ini, Robert menyadari target Persib akan jauh lebih berat. Di musim lalu, Robert tampaknya masih 'meraba-raba' lantaran tidak membentuk tim sejak awal musim.

Namun berbeda untuk kompetisi 2020, dirinya yang memilih dan meracik komposisi dan kerangka tim. Karenanya sebelum bergulirnya Liga 1 2020, Robert mengaku akan berdiskusi dengan para pemain dan manajemen untuk menyatukan visi target untuk musim 2020 ini.

"Kami akan berdiskusi dengan pemain setelah ini dan ini masih terlalu dini. Di Indonesia ada 18 klub yang berkompetisi dan 18 tim itu ingin menjadi juara. 15 pelatih dipecat musim lalu dan itu hal rutin di Indonesia, seakan menjadi rekor dunia soal pemecatan pelatih. Target kami akan sangat tinggi musim ini dan pemain serta manajemen akan duduk bersama untuk mencapai itu," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Arcamanik, Rabu (23/1/2020) sore.

AYO BACA : Ezechiel Tak Bisa Main Lawan Persib, Bhayangkara FC Buka Suara

Selain itu, Robert menyadari Persib sebagai klub besar selalu mengusung target tinggi di setiap musimnya.

"Di sepak bola profesional, orang-orang realistis soal apa yang ingin mereka capai. Dan tim besar harus mematok target yang tinggi. Kami klub yang besar jadi tentunya kami harus berani mematok target yang tinggi," ucapnya.

Robert mengakui, kondisi serupa sedianya dilakukan tim-tim besar di dunia. Namun di Indonesia yang sudah menjadikan sepak bola sebagai budaya, setiap tim dan suporternya seakan haus untuk meraih pencapaian tertinggi dalam setiap kompetisi.

"Tim lain di dunia juga sama-sama punya target yang tinggi. Tapi di Indonesia, semua tim mematok target yang tinggi dan itu sesuatu yang harus menjadi pelajaran. Kami harus lebih realistis dalam menentukan target tim," katanya.

Kendati demikian, kata Robert, skuat Maung Bandung bukanlah klub “kemarin sore". Sebagai tim besar yang memiliki basis suporter terbesar di Indonesia bahkan Asia, Persib Bandung akan terus memgusung target juara di setiap musim.

"Memang liga belum berjalan dan kami harus duduk bersama menentukan itu. Tapi Bandung dan Persib adalah tim besar dan kami harus berani mematok target yang tinggi," ujarnya.

AYO BACA : Pelatih Persib: Kesan Pertama Duo Brasil Tak Bagus, Tapi...

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar