Yamaha

4 Ruang Kelas SDN 3 Cilandak Purwakarta Nyaris Ambruk

  Kamis, 23 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Ruang kelas nyaris ambruk. (ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan pelajar SDN 3 Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta terpaksa mengikuti kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di tempat lain. Sebab ruang kelas yang biasa mereka gunakan menuntut ilmu nyaris ambruk.

Kepala SDN 3 Cilandak, Entang Lukmana mengatakan, para pelajar terpaksa direlokasi ke Madrasah Diniyah Nurul Hidayah untuk menghindari insiden di luar dugaan. Kondisi atap bangunan rawan ambruk karena belum mendapat perbaikan sejak 10 tahun terakhir.

"Ada empat ruangan yang terancam ambruk, di antaranya ruang kelas V, kelas VI, musala, dan ruang guru. Kerusakan sebagian besar bagian atap dan kusen yang habis dimakan rayap," ujar dia,  Rabu (22/1/2020) kemarin.

Total pelajar yang ada di SDN 3 Cilandak sebanyak 142 orang, 40 di antaranya direlokasi ke Madrasah Diniyah yang jaraknya setengah kilometer dari sekolahnya.

Saat disinggung mengenai upaya perbaikan, Ia mengaku telah mengajukan perbaikan ke Dinas Pendidikan beberapa tahun lalu, namun hingga saat ini belum terealisasi.

"Jumlah murid kelas V ada 20 orang dan kelas VI ada 20 orang. Dipindahkan ke sini sejak tiga bulan lalu, setelah adanya jaminan Dinas Pendidikan untuk merenovasi. Katanya pertengahan tahun ini bakal diperbaiki menggunakan APBD 2020," ujar dia.

Diketahui, setiap ruangan yang telah dikosongkan tersebut tampak sebatang bambu berdiri untuk menopang atap yang hendak ambruk, ditambah kusen-kusen jendela dan pintu sudah rusak dimakan rayap.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE