Yamaha

Kabupaten Bandung Punya 113 Situs Cagar Budaya

  Rabu, 22 Januari 2020   Mildan Abdalloh
Candi Bojongmenje di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Wilayah Kabupaten Bandung merupakan salah satu pusat kebudayaan masa lampau. Hal tersebut sesuai dengan bukti fisik yang tersebar di sejumlah wilayah. Salah satunya adalah Situs Kerajaan Sunda.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Aten Sonadi mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki, sedikitnya terdapat 113 situs cagar budaya di wilayah Kabupaten Bandung.

AYO BACA : Terawat Baik, 8 Cagar Budaya Bandung Terima Penghargaan

"Bukti kebudayaan di Kabupaten Bandung itu sangat banyak. Ada sekitar 113 cagar budaya, walaupun belum ditetapkan," tutur Aten, Rabu (22/1/2020).

Situs cagar budaya yang ada di Kabupaten Bandung berupa makam keramat, prasasti, candi, sampaiĀ  Kerajaan Sunda pada masa lampau.

AYO BACA : Tim Cagar Budaya Indramayu Teliti Batu Bertapak Kaki Anjing

Situs Kerajaan Sunda di Kabupaten Bandung adalah Kerajaan Kendan. Kerajaan Sunda buhun ini, terletak di Kecamatan Nagreg.

Terdapat situs berupa bekas keraton Kerajaan Kendan di Kecamatan Nagreg tersebut.

"Salah satu yang menarik dari situs Kendan ini adalah bebatuan yang hanya terdapat di lokasi situs, tidak ada ditemukan di daerah lain," ujarnya.

Selain Kendan, terdapat juga candi yang terletak di Rancaekek. Situs ini belum tergali secara maksimal.

Dengan adanya dua bukti tersebut, Kabupaten Bandung pada masa lampau diduga menjadi pusat peradaban Sunda khususnya wilayah Bandung.

AYO BACA : Pemilik Cagar Budaya di Bandung Bisa Dapat Diskon PBB 100%

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar