Yamaha

Tinggal di Gubuk Tengah Hutan, Kakek di Tasikmalaya Ini Peroleh Bantuan Renovasi

  Rabu, 22 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Tim Mobile Social Rescue (MSR)- ACT Tasikmalaya yang menyambangi rumah Hadi di Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (19/1/2020) lalu. (dok. ACT)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Hadi (75) tidak bisa menahan haru saat menerima kunjungan tim Mobile Social Rescue (MSR)- ACT Tasikmalaya yang menyambangi rumahnya di Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (19/1/2020) lalu.

Kedatangan tim, tidak lain yakni untuk memberi kabar jika rumah Hadi akan dibangun kembali menjadi layak huni. Hadi pun sempat tidak percaya bercampur bahagia karena mimpinya akan segera terwujud.

Pembangunan rumah Hadi merupakan implementasi program MSR-ACT. Sekitar 3 bulan yang lalu, ACT melakukan assessment ke tempat kediaman Hadi dan istrinya.

“Alhamdulillah saya bahagia bercampur haru, akhirnya akan punya rumah yang layak untuk ditempati” Ungkap Hadi.

Tim Program ACT Tasikmalaya Fauzi mengatakan, saat ini, proses pembangunan baru akan berlangsung. “Hari ahad kemarin kita menyambangi kediaman kakek Hadi, untuk mengabarkan rumahnya akan dibangun sekaligus mencari lahan untuk pembangunan rumahnya” Jelas Fauzi, Selasa (21/1/2020).

Hadi merupakan seorang bapak paruh baya yang tinggal bersama istrinya di sebuah gubuk yang tak layak huni yang berdiri di tengah hutan tanpa memiliki satupun tetangga.

Kondisi tempat tinggal Hadi hanyalah berdinding tempelan-tempelan kayu dan kain-kain bekas seadanya, lebih mirip dengan sebuah kandang kambing. Banyak celah di dinding, membuat udara dingin serta air hujan mudah masuk ke dalam rumah.

Kondisi tidak layak itu diperparah dengan tidak adanya Fasilitas MCK.

Sementara itu, istrinya mengalami sakit stroke sejak 5 tahun lamanya. Jangankan untuk beraktifitas, untuk sekedar berbaring saja perlu bantuan Hadi. Selama sakit, hanya hanya Hadi yang mengurusi

“Sudah tinggal di gubuk, tidak punya tetangga, kakek Hadipun harus mengurusi istrinya yang sakit seorang diri,” ungkap Fauzi.

Kini, Hadi tinggal menunggu pembangunan rumahnya selesai dan ia akan menikamti masa senjanya di rumah layak dalam keadaan aman dan nyaman.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar