Yamaha

Pembangunan Pramestha di KBU Dihentikan, Aa Umbara Patuhi Gubernur

  Selasa, 21 Januari 2020   Tri Junari
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mendatangi lokasi proyek pembangunan perumahan mewah Pramestha Resort Town, di di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (21/1/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Menindaklanjuti surat gubernur soal pembangunan perumahan mewah di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mendatangi langsung lokasi proyek tersebut, Selasa (21/1/2020). 

Didampingi kepala Dinas PUPR Anugrah dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ade Zakir, bupati ingin memastikan sejauh apa pelanggaran yang terjadi seperti dalam surat gubernur.

"Saya mau pastikan apa yang terjadi di sini, sekaligus memenuhi instruksi gubernur sesuai dengan surat yang telah dilayangkan," kata Bupati Aa Umbara kepada wartawan.

AYO BACA : Ketua DPRD KBB Desak Aa Umbara Hentikan Pembangunan di KBU

Menurutnya, menyikapi surat gubernur maka untuk sementara waktu proyek pembangunan perumahan Pramestha Resort Town dihentikan. 

Namun, yang dihentikan sementara hanyalah proyek fisik atau pembangunan rumahnya saja, sementara untuk penanaman pohon keras dan rumput agar tidak terjadi erosi tetap berjalan dengan suvervisi dinas teknis.

Bupati juga mengaku akan langsung menyampaikan hasil tinjauan ini ke gubernur Ridwan Kamil sesuai dengan fakta di lapangan. Termasuk meminta pihak pengelola menjaga dan memelihara kondisi lingkungan sekitarnya.

AYO BACA : Begini Langkah Ridwan Kamil Perbaiki Bandung Utara untuk Cegah Banjir

Lebih lanjut Aa mengatakan, tindakan pengamanan yang dilakukan di lokasi dengan tahapan rekayasa teknis dan vegetatif. Yakni berupa perapihan dan pembuatan saluran air di sepanjang jalan agar air dapat terkontrol.

Pembuatan sedimen trap untuk menampung peningkatan volume run off dan mengendapkan sedimen tanah, serta pelandaian lereng dan jalan yang masih kelihatan miring. Termasuk memaksimalkan penanaman bambu dan penanaman tanaman keras.

"Segera saya laporkan, hari ini juga akan saya hubungi pak gubernur. Mudah-mudahan besok bisa bertemu dengan beliau," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, KBB, Ade Zakir menambahkan, proyek pembangunan Kompleks Perumahan Pramestha Resort Town sudah memiliki rekomendasi gubernur, Amdal sampai IMB.

Pihaknya bersama tim dari Pemkab Bandung Barat tengah mengkaji dan melakukan suvervisi apa yang harus dilakukan oleh pengembang.

"Kajian di lapanganya akan ditelaah, karena kalau dari izin semua lengkap. Nanti hasil supervisi yang kita lakukan akan disampaikan ke provinsi," ucapnya.

AYO BACA : Pembangunan Perumahan di Kawasan Bandung Utara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar