Yamaha

118 Ribu ASN Bakal Pindah ke Ibu Kota Baru

  Senin, 20 Januari 2020
Aparatur Sipil Negara (ASN). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan sedang mempersiapkan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke ibu kota negara (IKN) baru. Sebanyak 118 ribu ASN bakal pindah ke ibu kota negara (IKN) secara serentak.

AYO BACA : ASN Muda di Pemerintahan Wajib Pindah ke Ibu Kota Baru

"118 ribu yang usianya (hingga) 2023 saat ini 45 tahun," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).

AYO BACA : Menpan-RB: Tak Ada ASN Tolak Pemindahan Ibu Kota

Kemenpan RB bakal menghitung dan memetakan jumlah dan kompetensi pegawai yang akan dipindahkan ke Kalimantan. Pihaknya juga akan menanyakan kepada ASN yang bersangkutan terkait kesiapannya pindah ke ibu kota baru.

"Di survei kesiapan yang tidak pensiun, seandainya dia enggak mau karena apa enggak maunya harus jelas dulu. Tetapi kan ini namanya penugasan, kan enggak mungkin enggak, 'saya maunya di kantor Jakarta', ya semua pindah ke sana kok. enggak bisa gitu lah," ungkapnya.

Ia menegaskan negara bakal menjamin biaya pemindahan PNS ke ibu kota baru. Namun ia belum menghitung berapa besaran yang akan ditanggung.

"Belum tahu (jumlah yang ditanggung), tugas kami hanya menata itu dulu," tuturnya.

AYO BACA : Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Jutaan ASN Bakal Tinggalkan Jakarta

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar