Yamaha

Gelarnya Resmi Dicabut, Pangeran Harry Singgung Tentang Putri Diana dalam Pidato

  Senin, 20 Januari 2020
Pernyataan Pangeran Harry setelah resmi mundur dari Kerajaan Inggris. (Instagram/@sussexroyal)

LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Setelah Ratu Elizabeth II dan Istana Buckingham memberikan pernyataan resmi yang menyetujui pengunduran diri Pangeran Harry dan Meghan Markle dari Kerajaan Inggris, akhirnya Duke of Sussex pun angkat bicara.

Suami Meghan Markle tersebut mengaku sangat sedih. Ungkapan sedih itu disampaikan Pangeran Harry untuk pertama kalinya setelah keputusannya untuk mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry menyampaikan pidatonya tersebut dalam sebuah acara yang digelar organisasi amal Sentebale, pada Minggu (19/01/2020). Acara tersebut digelar bertujuan untuk mengumpulkan donasi bagi anak-anak yang terkena HIV.

Pangeran Harry pun juga mengungkapkan jika dirinya merasa sedih harus mengambil keputusan ini. Selain itu, ia menyatakan bahwa keputusan itu dibuat sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

AYO BACA : Pangeran Harry Ungkap Kesedihan Usai Pencopotan Gelar Kerajaan

"Karena alasan-alasan itu, saya merasa sedih sekali telah sampai pada hal ini," ungkap Pangeran Harry.

"Keputusan yang telah saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur, bukanlah keputusan yang saya buat dengan enteng. Itu berbulan-bulan pembicaraan setelah bertahun-tahun tantangan. Dan saya tahu saya tidak selalu melakukannya dengan benar, tetapi sejauh ini, benar-benar tidak ada pilihan lain," lanjutnya.

Kemudian, ia pun mengungkapkan bahwa menjadi kehormatan besar bisa melayani negara dan Ratu Elizabeth II. Pangeran Harry juga bercerita tentang mendiang sang ibu, Putri Diana.

"Saya lahir dalam kehidupan ini, dan merupakan kehormatan besar untuk melayani negara saya dan Ratu," kata Pangeran Harry.

AYO BACA : Ratu Elizabeth Nyatakan Dukung Keputusan Harry-Meghan

"Ketika saya kehilangan ibu saya 23 tahun yang lalu, kalian menjaga saya. Kalian sudah lama memperhatikan saya, tetapi media adalah kekuatan yang kuat, dan harapan saya adalah suatu hari nanti dukungan kolektif kita untuk satu sama lain bisa lebih kuat karena ini jauh lebih besar daripada hanya kita," lanjutnya.

Di sisi lain, Pangeran Harry juga mengungkapkan bahwa dirinya akan selalu menghormati Ratu Elizabeth II, komandan tertinggi, dan ia berterima kasih kepada seluruh keluarga yang mendukung keluarga kecilnya.

"Saya akan selalu menghormati nenek saya, komandan tertinggi saya, dan saya sangat berterima kasih kepadanya dan seluruh keluarga saya, atas dukungan yang telah mereka tunjukkan kepada Meghan dan saya selama beberapa bulan terakhir," tutur Pangeran Harry.

"Saya akan terus menjadi orang yang sama yang menyayangi negaranya dan mendedikasikan hidupnya untuk mendukung perjuangan, amal, dan komunitas militer yang sangat penting bagi saya," ucapnya.

"Bersama-sama, Anda telah memberi saya pendidikan tentang kehidupan. Dan peran ini telah mengajari saya lebih banyak tentang apa yang benar dan hanya dari yang bisa saya bayangkan. Kami telah melakukan lompatan keyakinan, terima kasih telah memberi saya keberanian untuk mengambil langkah selanjutnya," kata bapak satu anak tersebut.

AYO BACA : Rakyat Inggris Dukung Gelar Kerajaan Harry dan Meghan Dicopot

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar