Yamaha

Teh Chamomile, Bisa Turunkan Gula Darah hingga Kurangi Nyeri Haid

  Senin, 20 Januari 2020
Teh chamomile diketahui memiliki sejumlah khasiat, di antaranya menurunkan gula darah dan mengurangi nyeri haid. (Pixabay/Congerdesign)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Teh chamomile diketahui memiliki sejumlah khasiat, di antaranya menurunkan gula darah dan mengurangi nyeri haid.

Dilansir dari Medical News Today, teh chamomile mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid. Flavonoid adalah jenis nutrisi yang ada di banyak tanaman. Flavonoid memainkan peran penting dalam efek obat chamomile.

Lantas apa saja manfaat teh chamomile?

1. Mengurangi nyeri haid

AYO BACA : 5 Manfaat Buah Naga, Cegah Kanker hingga Stabilkan Gula Darah

Beberapa penelitian telah mengaitkan teh chamomile dengan penurunan keparahan kram menstruasi. Sebuah studi 2010, misalnya, menemukan bahwa mengonsumsi teh chamomile selama sebulan dapat mengurangi rasa sakit kram menstruasi.

2. Mengobati diabetes dan menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian tidak menunjukkan bahwa teh chamomile adalah pengganti yang layak untuk obat diabetes, tetapi mungkin suplemen yang bermanfaat untuk perawatan yang ada.

3. Membantu dengan tidur dan relaksasi

AYO BACA : Santap Alpukat Sebelum Makan Siang Bantu Cegah Diabetes

Dalam satu ulasan bukti saat ini, 10 dari 12 pasien kardiovaskular ditemukan tertidur tak lama setelah mengonsumsi teh chamomile. Sejumlah penelitian lain yang melihat model klinis juga menunjukkan bahwa teh chamomile dapat membantu orang rileks.

4. Perawatan untuk kondisi kulit ringan

Sebuah studi kecil tahun 1987 menemukan bahwa menerapkan ekstrak chamomile langsung ke penyembuhan luka dapat membantu. Demikian juga, beberapa penelitian telah menemukan bahwa salep chamomile dapat membantu dengan eksim dan kondisi kulit inflamasi ringan, meskipun mereka tidak seefektif krim hidrokortison.

5. Memperlambat atau mencegah osteoporosis

Sebuah studi tahun 2004 menemukan bahwa teh chamomile mungkin memiliki efek antiestrogenik. Hal tersebut juga membantu meningkatkan kepadatan tulang, tetapi penulis penelitian mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat nyata ini.

AYO BACA : Kayu Manis Bantu Atasi Kadar Gula Darah Berlebih

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar