Yamaha

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Desa Ini Dilengkapi Kafe dan Wifi Gratis

  Minggu, 19 Januari 2020   Mildan Abdalloh
Perpustakaan Desa bernama Pabukon Saba Desa di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandun, yang difasilitasi wifi dan kafe. (Ayobandung.com/Mildan Abdallloh)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- Meningkatkan minat baca menjadi salah satu tujuan dibentuknya Perpustakaan Desa bernama Pabukon Saba Desa di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Namun jika hanya mengandalkan kunjungan masyarakat untuk membaca buku, tentu akan sulit, sehingga pihak pengelola Perpustakaan Pasbukon Saba Desa berinovasi. Mereka melengkapi perpustakaan dengan PC, wifi gratis juga kafe.

Hasilnya, perpustakaan di pegunungan tersebut tidak pernah sepi pengunjung yang sebagian besar merupakan warga desa Margamukti.

"Alhamdulillah minat baca masyarakat di Desa Margamukti sekarang sudah tinggi," ujar Ketua Perpustakaan Saba Desa Margamukti, Asep Samsudin, Minggu (19/1/2020).

Wifi dan perangkat komputer yang gratis menjadi senjata yang ampuh untuk membuat masyarakat bisa berkunjung.

Walaupun pada awalnya sebagian pengunjung hanya berniat menggunakan komputer dan internet gratis, namun lama-kelamaan muncul keinginan untuk membaca.

Pihak pengelola kemudian menambahkan kafe yang menyediakan kopi hasil pertanian warga sekitar.

"Karena Pangalengan ini terkenal sebagai salah satu daerah perkebunan kopi. Maka cafe disini juga menyediakan kopi dengan berbagai varian dan juga biji kopi hasil produksi para petani di Pangalengan," ujarnya.

Malam hari menjadi waktu yang paling ramai dinjungi. Menurut Asep, banyak anak muda dan warga sekitar yang bersantai di Perpustakaan untuk membaca buku sambil bersantai.

Terdapat sedikitnya 1.000 judul buku yang dimiliki Perpustakaan tersebut. Baik bertema agama, pengetahuan umum, teknologi tepat guna, pertanian, perikanan, peternakan dan lainnya.

Bahkan Perpustakaan tersebut juga menyediakan tempat praktik atau implementasi dari buku. Misalnya ketika membaca buku tentang pertanian hidroponik, buku peternakan, perikanan dan lainnya di tempat ini ada implementasi dari isi buku tersebut.

"Memang perpustakaan ini pengembangan dari perpustakaan desa yang didirikan lebih dulu di lingkungan Kantor Desa Margamukti. Nah kalau perpustakaan yang baru ini lokasinya di luar lingkungan kantor Desa Margamukti. Didrikan oleh swadaya masyarakat dan Pemerintah Desa Margamukti. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan budaya literasi atau minat baca masyarakat," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar