Yamaha

5 Alasan Main Gadget Sebelum Tidur Bisa Merusak Kesehatan

  Sabtu, 18 Januari 2020   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meskipun bermain gadget sebelum tidur adalah hal yang kerap dilakukan banyak orang dan terkesan sepele, namun ahli kesehatan mengatakan hal tersebut berpotensi merusak kesehatan Anda.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (18/1/2020), filter cahaya biru atau blue light yang dipancarkan ponsel Anda dapat memengaruhi produksi hormon melatonin yang berfungsi meregulasi tidur. Sehingga, ada baiknya Anda tidak sibuk mengutak-atik gadget sebelum tidur.

Berikut 5 alasan utama mengapa Anda perlu membatasi penggunaan smartphone sebelum tidur :

1. Memengaruhi durasi tidur
Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel memengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan ponsel secara konstan di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran Anda mungkin terlalu dibuat bersemangat karena berada dalam kondisi aktif. Selain itu, keinginan kompulsif untuk memeriksa telepon Anda terus-menerus akan mengurangi total waktu tidur Anda.

2. Merusak Retina
Cahaya bitu yang dipancarkan smartphone dapat memengaruhi penglihatan dalam jangka waktu yang lama. Menurut American Macular Degeneration Association, cahaya biru yang dipancarkan dari telepon pada level tertentu berpotensi menyebabkan kerusakan pada retina yang bisa permanen dan menyebabkan degenerasi makula.

3. Meningkatkan resiko depresi
Ketika cahaya biru dari layar ponsel mengganggu hormon dan pola tidur Anda, Anda juga menjadi rentan terkena depresi. Selain itu, tingkat energi yang rendah di siang hari akibat begadang ditambah pikiran berkabut karena kurang tidur juga dapat memicu rasa lemah emosional dan mental.

4. Resiko kanker lebih tinggi
Asosiasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ponsel memiliki potensi untuk meningkatkan resiko manusia terkena kanker. Hal tersebut disebabkan oleh ponsel yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Paparan sinar biru yang berkepanjangan dan pengaruhnya terhadap siklus tidur telah terbukti meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.

5. Memengaruhi kualitas memori
Penggunaan ponsel di malam hari dan tidur yang terganggu membuat otak Anda kesulitan untuk memperbaiki jaringan koneksinya yang rusak pada siang hari. Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda tidak dapat berpikir jernih setelah begadang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar