Yamaha

Surili Muncul di Permukiman Warga Cianjur

  Jumat, 17 Januari 2020   Muhammad Ikhsan
Surili. (flickr)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Sebulan terakhir, monyet surili muncul ke tengah permukiman Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Namun saat aparat pemerintah desa, kecamatan hingga BBKSDA Jawa Barat turun tangan menangani, hewan langka tersebut tiba-tiba menghilang.

Camat Cibeber Ali Akbar membenarkan pihak BBKSDA Jawa Barat didampingi kecamatan dan desa mencari keberadaan monyet surili, namun yang biasa muncul di pohon mangga dan sekitar pemukiman seakan-akan menghilang.

“Kita mencari hingga sore menjelang malam keberadaan monyet surili, tapi belum menemukan alias menghilang begitu saja,” tutur Ali pada Ayobandung.com, Jumat malam (17/1/2020).

AYO BACA : Aher Lepaskan Maskot PON XIX Di Patenggang

Ali mengungkapkan, informasi dari masyarakat biasanya hewan langka tersebut terlihat di kebun warga atau pohon buah-buahan milik warga maupun yang ada di kantor desa.

“Meski belum menemukan, kami akan terus mencari untuk di evakuasi, karena hewan ini termasuk langka karena diambang kepunahan,” ucapnya.

Ali sudah menghimbau warga seandainya melihat keberadaan monyet surili segera melapor, jangan bertindak sendiri, apalagi sampe ditangkap maupun dibunuh.

“Kami sudah menghimbau warga untuk tidak memburu, apalagi membunuh, lantaran monyet surili merupakan hewan langka dilindungi, kalau sudah ditangkap untuk dipelihara atau dijual, apalagi sampai membunuh ada sanksi pidana dan denda yang cukup besar,” katanya.

AYO BACA : Penggagalan Penyelundupan Hewan Primata Dilindungi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar