Yamaha

Konsep Bencana Cianjur Diadopsi se-Jabar

  Kamis, 16 Januari 2020   Muhammad Ikhsan
Ilustrasi tanah longsor. (istimewa)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah di Jawa Barat rawan bencana, terutama tanah longsor maupun banjir bandang disaat curah hujan tinggi.

Mengantisipasi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur membuat gebrakan dengan membentuk Relawan Tangguh Bencana (Retana) sebagai bentuk tim reaksi cepat menanggulangi dan menanggapi bencana.

Sekretaris BPPD Kabupaten Cianjur, Mochammad Irfan Sofyan mengatakan, Terana ini merupakan sebuah konsep tanggap bencana hasil dari diskusi dengan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, setelah disepakati dan diperintahkan, langsung dibentuk dan beraksi.

“Plt Bupati langsung tanggap terhadap kondisi Cianjur yang rawan bencana, konsep Terana ini tidak lepas dari beliau selaku pimpinan daerah,” tutur Irfan pada Ayobandung.com, Kamis (16/1/2020).

AYO BACA : Longsor di Kampung Kanoman Cianjur, 2 Orang Diduga Tertimbun

Irfan menjelaskan, keberadaan Retana ini sangat bermanfaat, beberapa kejadian berkat dari peran serta Retana terjadi pada antisipasi pergeseran tanah di Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi.

“Kami baru tahu ada ratusan warga terancam tanah longsor dari Tim Retana Desa Sukamahi, mereka langsung kontak ke BPBD melaporkan adanya pergeseran tanah,” katanya.

Itu hanya contoh kasus manfaat adanya Retana, masih banyak lagi disaat musim penghujan dalam beberapa bulan terakhir ini, keberadaan Retana sangat membantu untuk informasi maupun tanggap bencana awal.

Saat ini sudah ada anggota Retana sebanyak 1800 Retana, mereka tersebar di 354 desa dan 6 kelurahan. Ditambah lagi 32 kordinator Retana yang berada di Kecamatan.

“Alhamdulillah, Retana ini ternyata mendapat respon positif dari Gubernur Jabar Pak Ridwan Kamil, bahkan semua kabupaten dan kota harus membentuk Retana seperti halnya di Cianjur,” katanya.

AYO BACA : Longsor Putus Jalur Selatan KBB-Cianjur

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar