Yamaha

Mantan Penghuni Balai Wyata Guna Minta Permensos 18 Dicabut

  Kamis, 16 Januari 2020   Faqih Rohman Syafei
Aksi unjuk rasa para mantan penghuni Balai Wyata Guna. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Sejumlah mantan penghuni Balai Wyata Guna memilih bertahan di trotoar Jalan Padjajaran, Kota Bandung, Kamis (16/1/2020). Mereka meminta pemerintah untuk segera mencabut Peraturan Menteri Sosial Nomor 18 tahun 2018.

"Agar pulihnya sistem panti secara nasional, karena yang terkena dampaknya bukan di Jabar saja tapi seluruh Indonesia," ujar perwakilan penghuni Balai Wyata Guna, Elda Fahmi pada aksi mimbar terbuka di trotoar Jalan Padjajaran, Kamis (16/1/2020).

AYO BACA : 32 Mahasiswa Difabel Netra Masih Bertahan di Trotoar

Elda mengatakan adanya Permensos tersebut sangat merugikan bagi kaum disabilitas di Indonesia. Pasalnya, sejumlah hak-hak yang diterima oleh kaum difabel terancam dicabut.

Sambung dia, peraturan ini juga mengganti panti menjadi balai. Sehingga penghuni Balai Wyata Guna hanya memiliki waktu sekitar enam bulan untuk tinggal dan mengenyam pendidikan disana.

AYO BACA : Disabilitas Netra Terusir dari Wyata Guna, Mensos Telepon Ridwan Kamil

"Kembalikan hak-hak kami dan kami ingin Pemerintah Provinsi Jabar agar perhatikan masalah ini dengan tegas," katanya.

Terkait dengan tawaran relokasi dari Dinsos Jabar, mereka belum memutuskan sepenuhnya. Namun menolak untuk ditempatkan di rumah singgah yang fasilitasnya belum tentu sama seperti di Balai Wyata Guna.

"Yang kami butuhkan bukan rumah singgah, karena kami memikirkan bukan hanya nasib kami tapi teman-teman kami dan generasi penerus kami," sebutnya.

Elda menambahkan dirinya dan teman-teman lainnya akan terus bertahan hingga adanya solusi yang tepat untuk keberlangsungan nasib penyandang disabilitas di Indonesia. Bahkan pihaknya membuka ruang mediasi terkait persoalan ini.

"Bertahan disini. Kami membuka diri terima mediasi, audiensi agar ditemukan solusi. Pertemuan yang dilakukan belum ada solusi," katanya.

AYO BACA : Pemprov Jabar Tawarkan Solusi untuk Disabilitas Netra Eks Panti Wyata Guna

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar