Yamaha

Maling Kotak Amal Kerap Beraksi di Parongpong

  Kamis, 16 Januari 2020   Tri Junari
Seorang petugas masjid menunjukan kotak amal yang dibobol maling. (Ayobandung.com/Tri Junari)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM--Aksi pencurian kotak amal Masjid Al-Mubarokah, Kampung Kancah, RW 14, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terekam kamera pengawas, Rabu (15/1/2020) sekira jam 06.15 WIB.

Satu kotak amal berisikan uang ratusan ribu berhasil digondol pelaku setelah membobol gembok kotak amal menggunakan obeng.

Dalam video terlihat satu orang pria berpakaian baju koko hitam lengkap dengan peci masuk ke dalam masjid melalui pintu depan yang tidak terkunci.

Setelah melihat kondisi sekitar aman, pelaku lalu mencongkel gembok kotak amal yang tersimpan di depan pintu dengan menggunakan obeng. 

AYO BACA : Pencuri Kotak Amal Masjid di Tasik Diamankan Polisi

Dalam hitungan menit, pelaku menguras isi kotak amal dan segera kabur ke luar masjid tanpa dicurigai masyarakat sekitar.

Ketua RW 14, Yayat Solihin mengatakan, kejadian pencurian kotak amal di Masjid Al-Mubarokah bukan pertama kali terjadi.

Catatan dia sudah lebih dari 10 kali kotak amal di masjid tersebut dibobol maling. Posisinya masjid yang berada tepat di pinggir jalan menjadikan rawan pencurian.

"Sudah sering, kalau tidak salah sudah lebih dari 10 kali. Masjid ini jadi sasaran pencurian mungkin karena lokasinya di pinggir jalan," kata Yayat, Kamis (16/1/2020).

AYO BACA : Ketahuan Warga, Pencuri Tak Jadi Gondol Kotak Amal Masjid

Maman menduga pelaku bukan warga sekitar karena wajahnya tidak dikenal. Karena rawan pencurian, lanjut dia, dewan kemakmuran masjid (DKM) Al-Mubarokah lalu berinisiatif memasang dua kamera CCTV sejak setahun lalu.

Diakuinya, pihaknya merasa resah karena masjid Al-Mubarokah bukanlah satu-satunya sasaran pelaku. Beberapa masjid sekitar lokasi juga kerap menjadi sasaran maling.

"Masjid di sekitar sini juga rawan pencurian, bahkan setelah dari sini, maling juga beraksi di masjid RW sebelah tapi pelakunya tak berhasil ditangkap," ujarnya.

Kasi Trantibum Kecamatan Parongpong, Amas Winata mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap orang yang tak dikenal serta memasang kamera pemantau (CCTV).

Selain memberi rasa keamanan, dia menerangkan, CCTV juga dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus kejahatan.

"Selain itu, sebaiknya dipasang papan imbauan kalau di tempat tersebut terpasang cctv supaya pelaku tidak jadi beraksi," jelasnya. 

AYO BACA : Dua Maling Babak Belur Dihajar Warga di Jalan Terusan Jakarta

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar