Yamaha

Pemkab Bekasi Bakal Realisasikan Terminal Barang Multimoda

  Kamis, 16 Januari 2020   Firda Puri Agustine
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. (Humas Pemkab Bekasi)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal merealisasikan pembangunan Terminal Barang Multimoda menyusul adanya tindak lanjut pembahasan mengenai hal itu dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengungkapkan bahwa audiensi terkait percepatan rekomendasi tata ruang provinsi dan penetapan lokasi Terminal Barang Multimoda di Kabupaten Bekasi ini dinilai diperlukan.

AYO BACA : Tak Mau Jenguk Mertua, Suami Tikam Istri di Bekasi

“Terkait dengan percepatan pembangunan yang ada di Kabupaten Bekasi, ke depannya kita bersama dengan pemerintah pusat sedang merancang transportasi multimoda, salah satunya ada di Kabupaten Bekasi,” kata Eka dalam keterangan resminya, Kamis (16/1/2020).

Nantinya, mobil-mobil pengangkut barang seperti truk  dan tronton tidak lagi masuk ke jalur kota, melainkan ada terminal khusus untuk mobil pengangkut barang tersebut.

AYO BACA : KP2C Ajukan 4 Rekomendasi Cegah Banjir Bekasi dari Luapan Sungai Cileungsi

“Ada beberapa lokasi yang direncanakan, di antaranya di daerah perbatasan dengan Karawang yaitu di Kecamatan Kedung Waringin. Kami harap rencana ini dapat mengurangi masalah kemacetan,” ujarnya.

Adapun strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah, di antaranya pengaturan rute jaringan lintas angkutan barang, pelarangan arus menerus ke wilayah Kota.

Kemudian, pembatasan waktu bagi truk pada jam-jam sibuk, pengembangan fasilitas pusat distribusi, terminal truk, atau pusat konsolidasi logistik/gudang konsolidasi, pengembangan fasilitas integrasi multimoda, pembangunan ruang parkir khusus untuk truk pada kawasan pinggiran, dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Adanya pembahasan yang dilakukan Pemkab Bekasi dengan BPTJ,  Eka berharap pembangunan di Kabupaten Bekasi baik dari Pemerintah Pusat maupun dari Kabupaten Bekasi sendiri akan berdampak baik untuk kegiatan ekonomi warga Kabupaten Bekasi.

AYO BACA : Pembersihan Lumpur Sisa Banjir Bekasi Alami Berbagai Kendala

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar