Yamaha

Tips Pakai Make-up Antiluntur di Musim Hujan

  Selasa, 14 Januari 2020
Ilustrasi make-up. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pasti tak sedikit di antara kamu yang malas dandan di musim hujan seperti ini. Pikir kamu, Ah, sudah cantik-cantik dandan, nanti juga luntur kena tetesan air hujan!

Padahal, panas ataupun hujan sama sekali bukan halangan buat kamu tampil cantik dengan make-up andalan. Tak hanya itu, wajah yang fresh dan berona bisa jadi pembangkit mood kamu di musim hujan yang identik dengan mendung dan kelabu.

Nah, kalau kamu takut makeup luntur saat kena tetesan air hujan, coba ikuti tips make-up tahan air berikut ini.

1. Awali dengan face primer

Nggak cukup sekadar pelembap, kamu perlu mempersiapkan kulit wajah dengan cara mengaplikasikan face primer yang fungsinya sebagai base make-up. Dengan face primer, kulit akan mampu menahan make-up lebih lama.

Untuk musim hujan ini, karena tingkat kelembapan udara yang cukup tinggi, pilihlah face primer berbahan dasar air atau water-based yang ringan dan aman untuk segala jenis kulit. Coverage-nya termasuk sangat tipis, bahkan cenderung transparan.

2. Hati-hati pilih foundation

Di musim hujan seperti ini, penggunaan foundation sebaiknya diliburkan dulu, kecuali kamu membekali diri dengan foundation waterproof dan kamu memiliki kulit wajah normal yang nyaris tak pernah berminyak.

Pasalnya, udara lembab yang memicu kulit jadi lebih mudah berminyak dan berkeringat adalah musuh utama foundation. Selain bikin luntur, tetesan air hujan juga bisa bikin tampilan foundation jadi 'retak dan pecah' di kulit kamu. Jadi, hati-hati kalau tetap mau pakai foundation, ya!

3. Pakai bedak matte

Bedak matte akan memberi hasil make-up flawless dan bebas kilap di wajah kamu. Formula matte juga umumnya lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Hindari bedak two way cake yang rentan 'retak' teksturnya di wajah jika terkena tetesan hujan.

4. Pilih maskara bening

Maskara adalah salah satu makeup yang paling mudah luntur jika terkena air, entah tetesan hujan atau air mata. Selain memilih maskara waterproof, kamu juga bisa coba beralih ke maskara bening. Meski tak memberi efek hitam legam pada bulu mata, kamu tetap akan mendapat efek bulu mata yang tebal dan lentik.

5. Blush on dan eye shadow bentuk krim

Make-up dengan bentuk krim lebih tahan air dibandingkan make-up berbentuk bubuk atau powder. Untuk blush on dan eye shadow, misalnya, saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk krim, dalam warna yang beragam pula.

6. Face spray sebagai sentuhan akhir

Face spray bisa dibilang berfungsi sebagai pengunci make-up agar tahan dari debu, minyak, keringat, bahkan tetesan air hujan. Semprotkan face spray dari jarak kurang lebih 30 cm ke seluruh wajah, kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Sekarang, kamu pun siap keluar rumah dengan dandanan cantik, tanpa harus khawatir hujan menghapus make-up mu.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar