Yamaha

Asia Challenge 2020 Bukan Satu-satunya Penilaian Bagi Duo Brasil di Persib

  Senin, 13 Januari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Dua pemain rekrutan baru Persib asal Brazil, Wander Luiz (kiri) dan Joel Vinicius (kanan), menjalani latihan terpisah di Stadion Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Minggu (12/1/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Fisik Persib Bandung Yaya Sunarya mengatakan proses seleksi dua pemain asing, Wander Luiz dan Joel Vinicius, tidak hanya terjadi dalam turnamen Asia Challenge 2020 di Malaysia, 18-19 Januari nanti. 

Selama proses seleksi, Yaya mengatakan, duo Brasil ini akan tetap dinilai dalam proses adaptasinya selama sesi latihan bersama skuat Maung Bandung.

"Iya, jadi adaptasi ini bukan hanya di pertandingan. Bisa jadi adaptasi di pertandingan ini tidak cukup menentukan satu dua pemain ini bisa adaptasi lebih cepat. Tapi penting juga adaptasi di latihan," kata Yaya.

AYO BACA : Ini Syarat Bagi Wander Luiz dan Joel Vinicus untuk Bisa Berseragam Persib

Apalagi Yaya menyatakan, proses penilaian pemain seleksi sedianya tidak bisa dilihat dari satu atau dua pertandingan saja. Pasalnya menurut Yaya, seorang pemain terkadang membutuhkan waktu untuk bisa menunjukkan kemampuan yang sebenarnya.

Terlebih bagi Wander Luiz dan Joel Vinicius kompetisi dan iklim sepak bola Indonesia masih cukup asing keduanya. 

Sekadar informasi, Wander Luiz merupakan striker kelahiran Espirito Santo, Brasil.  Luiz sebelumnya pemain Liga Utama Vietnam, Becamex Binh Duong. Ia mengoleksi 11 gol dari 24 penampilannya bersama Becamex. 

AYO BACA : Ini Alasan Persib Datangkan Joel Vinicius dan Wander Luiz

Senada, Joel Vinicius pun pernah mengarungi Liga Vietnam. Ia terakhir bergabung ke tim Song Lam Nghe Ahn (SLNA) FC dengan koleksi 7 gol dari 23 penampilannya. "Karena belum tentu satu dua pertandingan sudah bisa menunjukkan dan melihat bahwa pemain akan cocok," katanya.

Meski demikian, Yaya mengaku, turnamen pramusim di Malaysia nanti bisa menjadi salah satu gambaran kemampuan keduanya. Karenanya, proses seleksi Luiz dan Vinicius akan dilakukan secara menyeluruh.

"Tapi setidaknya menjadi gambaran. Dan lebih banyaknya lagi ketika kita melakukan latihan, karena kita akan kontinyu latihan setiap hari, jadi kita tahu bagaimana perkembangan di latihan," ujarnya.

Meski begitu, saat disinggung terkait kontrak Wander Luiz dan Joel Vinicus, Yaya mengaku akan menyerahkan keputusan kepada sang pelatih kepala, Robert Alberts. "Kita lihat kebutuhan nanti," kata dia.

AYO BACA : Wander Luiz dan Joel Vinicius Belum Dapat Menu Latihan di Persib

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar