Yamaha

21,5 Hektare Lahan di Purwakarta Kritis

  Jumat, 10 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi (pixabay)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana menghadiri acara penghijauan penanaman sejuta pohon yang diinisiasi Polres setempat, Jumat (10/1/2020).

Penanaman pohon tersebut dilakukan lahan area Mapolres Purwakarta, Komplek Aspol Tegalsari, lahan Perhutani Kampung Kerajan Desa Bungursari, dan lahan Perhutani Kampung Jatimulya, Desa Bungursari.

AYO BACA : Demi Wisatawan, Pemkab Purwakarta Solek Tajug Gede Cilodong

Dalam kesempatan itu, Iyus menyebut terdapat 21,5 hektare lahan kritis dengan 7.500 meter sangat kritis yang perlu dilakukan penanaman secepatnya. Sehingga pihaknya mengapresiasi upaya Polri dalam menyelamatkan bumi dengan gerakan penanaman pohon ini.

"Tentu saya mengapresiasi, ini merupakan langkah positif dalam menjaga lingkungan," ujar dia.

AYO BACA : 13 Pompa Rusak, Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Berhenti Beroperasi

Polres Purwakarta bersama  perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat bersama-sama menanam berbagai jenis pohon di antaranya 200 batang benih pohon mangga, 50 batang mahoni, 50 batang benih pohon jati, 200 batang jabon dan 300 batang albasia.

Iyus menambahkan setidaknya ada dua jenis pohon yang memiliki manfaat ditanam, seperti bermanfaat untuk ekologis konservasi dan ketersediaan air dan juga memiliki nilai ekonomis penghasil kayu dan buah-buahan.

"Kebutuhan pohon untuk di Purwakarta masih banyak walaupun saat ini sebagian sudah ada, seperti di Kiarapedes kami menanam tanaman manggis dan holtikultura di lahan 1,6 hektare. Nantinya bakal kami jadikan pula sebagai destinasi wisata agrowisata manggis," ucap dia.

AYO BACA : 6.000 Hektare Sawah di Purwakarta Jadi Target Penanaman Padi Sepanjang 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar