Yamaha

Jalan Desa Tertimbun Longsor, Akses Dua Desa di Tasik Tertutup

  Jumat, 10 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Jalan tertimbun longsor di Tasik. (ayotasik.com/Irpan)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Tasikmalaya menyebabkan terjadinya longsor di Kecamatan Sodonghilir, tepatnya di Dusun Nangewer Desa Sukabakti, Kamis (9/1/2020) kemarin sekitar pukul 15.30 WIB.

Area persawahan yang berbentuk terasering longsor menimpa badan jalan desa. Akibatnya, akses transportasi dua Dusun yakni Nangewer dan Balengendong Desa Sukabakti menuju Desa Parumasan dan Kantor Kecamatan terputus.

AYO BACA : Pungutan dan Bantuan untuk Sekolah Mesti Dibedakan

Kades Sukabakti Nandang Suryana menuturkan, material longsoran saat ini sedang dibersihkan oleh Masyarakat dibantu anggota TNI dan Kepolisian. Pembukaan akses ini dilakukan pertama agar jalur trasportasi warga bisa terbuka.

Gotong royong membersihkan material longsoran ini pun dirasakan sangat berat mengingat banyaknya material longsor. Terlebih mereka hanya menggunakan alat manual yakni cangkul.

AYO BACA : Harga Sayuran Naik hingga 80% di Pasar Singaparna Tasikmalaya

"Kajdiannya itu kemarin, sawah sekitar satu hektar yang berada di atas badan jalan longsor dan menutupi jalan sepanjang kira-kira 300 sampai 400 meter," kata Nandang melalui sambungan telepon, Jumat (10/1/2020).

Selain menutupi badan jalan, material longsoran juga mengancam 6 rumah warga. 2 rumah diantarnya mengalami rusak sedang. Pihanya, kata Nandang, mengharapkan bantuan pemerintah untuk membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat.

"Kalau hanya mengandalkan manual sulit, karena material longsor sangat banyak. Alhamdulilah untuk korban jiwa tidak ada," ujarnya.

AYO BACA : Tasikmalaya Tanam 25.000 Pohon di Zona Merah Rawan Longsor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar