Yamaha

Janji Luizinho Passos untuk Persib di Musim 2020

  Kamis, 09 Januari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Luiz Fernando Silva Passos resmi menjadi pelatih kiper Persib. (Persib.co.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung merekrut pelatih kiper asal Brasil, Luiz Fernando Silva Passos untuk musim kompetisi 2020. Terhitung sejak Januari 2020, pelatih yang akrab disapa Luizinho Passos ini akan menggantikan posisi pelatih kiper yang sebelumnya diisi oleh Gatot Prasetyo.

Sebelumnya, Gatot memilih mundur dari kursi pelatih kiper Persib Bandung per Januari 2020. Mantan kiper era 90-an itu kini harus fokus mengurusi pekerjaan di luar aktivitas sepak bola. Diketahui, kiper yang membantu Persib menjuarai Kompetisi Perserikatan 1993/1994 dan Liga Indonesia Pertama 1994/1995 itu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung.

Alhasil dengan mundurnya Gatot, Luizinho Passos didatangkan untuk menggembleng kiper Persib pada musim 2020. Dengan pinangan ini, Passos merasa bangga bergabung dengan tim besar layaknya Persib Bandung.

AYO BACA : Gantikan Gatot, Passos Resmi Jadi Pelatih Kiper Persib

"Saya suka di sini. Ini kota sangat sejuk, sama seperti tempat kelahiran saya," ungkap Passos dinukil dari laman resmi klub, Kamis (9/1/2020).

Passos tak menapik menginginkan sebuah tantangan baru setelah mengarungi tiga musim bersama skuat Pesut Etam. Bukan hanya itu, Passos juga beralasan, menerima tawaran dari manajemen Persib karena tim berjuluk Maung Bandung ini merupakan tim besar, meski pada kompetisi musim lalu hanya mampu finis di posisi enam klasemen akhir Liga 1 2019.

"Ya, saya melihat Persib ini tim yang sangat besar di Indonesia. Beberapa kali saya bersama Borneo melawan Persib, dan melihat begitu hebatnya suporter tim ini (bobotoh)," lanjutnya.

AYO BACA : Gatot Prasetyo Mundur dari Kursi Pelatih Kiper Persib Musim 2020

Kini, bersama Maung Bandung, Passos diikat kontrak selama dua musim. Karenanya, Passos merasa tertantang untuk meningkatkan kualitas kiper Persib Bandung. Apalagi dirinya mengakui bahwa skuat Maung Bandung diisi sejumlah penjaga gawang mumpuni antara lain I Made Wirawan, Dhika Bhayangkara, Aqil Savik, serta Deden Natshir yang masih dibekap cedera.

"Persib sudah memiliki kiper hebat. Tapi, saya ingin mereka lebih hebat lagi. Cleansheet sebanyak-banyaknya. Saya ingin membangun tim juara," katanya.

Passos memang terkenal moncer dalam melahirkan sejumlah kiper andal bersama Borneo FC. Sebut saja M Ridho, Nadeo Argawinata, dan Gianluca Pandeynuwu. Bahkan Ridho dan Nadeo saat ini bersaing di kursi penjaga gawang timnas Indonesia.

Bukan hanya itu, pada musim 2019 pun, Borneo FC pun menjadi salah satu tim yang memiliki jumlah kebobolan paling sedikit. Alhasil, Passos optimistis bisa melakukan hal yang sama bersama Persib di musim 2020.

"Sejujurnya, semua kiper itu berbakat asalkan dia mau bekerja keras dalam setiap latihan. Mau mengikuti program dan memiliki keinginan yang kuat untuk bisa menjadi lebih baik. Ada tiga kuncinya. Fokus, disiplin, dan latihan yang keras," ujarnya.

AYO BACA : Saddil Ramdani Merapat ke Persib? Ini Jawaban PT PBB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE