Yamaha

(Cek Fakta) Video Viral Bencana di Citatah Padalarang Hoaks!

  Kamis, 09 Januari 2020   Tri Junari
Tangkapan layar video viral yang menyebutkan banjir bandang terjadi di kawasan Citatah Padalarang. (Ayobandung.com/Netizen)

CIPATAT, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah video yang memperlihatkan banjir bandang dengan dilengkapi tulisan 'Citatah Padalarang tadi pagi' viral di sosial media dan tersebar di grup WhatsApp, Kamis (9/1/2020).

Dengan adanya tulisan Citatah Padalarang tadi pagi dalam video tersebut, warga termasuk netizen menganggap kejadian tersebut terjadi di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

AYO BACA : Kabar Pungli Angkutan Sampah Banjir di Bekasi Dibantah

Kepala Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Mumung Jebred memastikan kejadian dalam video itu bukan di wilayahnya. Setelah viral, pihak desa menghimpun informasi dari berbagai wilayah dan hasilnya nihil.

"Sudah dicek bukan di wilayah kami dan tidak ada laporan terjadi bencana seperti di video," ucapnya saat dihubungi Ayobandung.com, Kamis (9/1/2020) sore.

AYO BACA : Bahaya, Jangan Starter Mobil yang Terendam Banjir!

Begitu juga dijelaskan BPBD KBB yang mengatakan video tersebut adalah hoaks dan telah tersebar di grup aplikasi perpesanan singkat. BPBD langsung melakukan pengecekan ke lokasi yang dimaksud dalam tulisan di dalam video tersebut.

"Itu hoaks, saya sudah cek ke aparat kewilayahan, kejadian itu bukan di Kabupaten Bandung Barat," ujar Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo.

Dalam video tersebut, terlihat air berwarna kecokelatan mengalir deras mengalir di tengah permukiman warga, bahkan air yang tampak menggumpal menerjang satu rumah.

Namun, Duddy Prabowo tidak mengetahui secara pasti kejadian banjir bandang itu terjadi di daerah mana.

AYO BACA : Cegah Banjir, Pakar Sarankan Pemerintah Perbanyak Embung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar