Yamaha

Garuda Indonesia Ditegur Menhub karena Hampir Tahan Penumpang

  Selasa, 07 Januari 2020
Kementerian Perhubungan mengklaim telah memberikan teguran kepada Garuda Indonesia karena hampir menahan penumpang. (Suara.com/Ria Rizki)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Satu penumpang pesawat Garuda Indonesia beserta keluarganya hampir ditahan oleh Aviation Security (AvSec) karena dianggap menghina maskapai plat merah itu.

Kementerian Perhubungan mengklaim telah memberikan teguran kepada Garuda Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, masalah yang dialami penumpang Garuda Indonesia tersebut berkaitan dengan pelayanan transportasi umum. Dengan demikian, Kemenhub langsung melayangkan teguran.

"Kami sudah memberikan peringatan kepada Garuda, ini kan berkaitan dengan pelayanan, jadi urusan Garuda dengan yang bersangkutan," kata Budi di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, Kemenhub kerap meminta kepada operator untuk mempersiapkan tim yang memiliki dasar pengetahuan soal kepuasan pelanggan yang tentunya berkualitas bagus.

Hal itu dilakukan Kemenhub karena kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan satu kesatuan dari layanan transportasi umum di tanah air.

"Jadi kalau operator tidak siapkan customer satisfication ini akan bermasalah," ujarnya.

Apalagi layanan transportasi juga berkaitan dengan pariwisata yang menarik banyak pengunjung. Karena itu, untuk ke depannya Budi berharap Garuda Indonesia bisa menyelesaikan perkaranya dengan penumpang tersebut dan tidak boleh terulang kembali.

"Saya harapkan Garuda melakukan suatu islah dengan customer ini dan jadikan ini suatu pelajaran yang mahal dan tidak boleh terjadi hal-hal seperti ini," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, penumpang pesawat Garuda Indonesia, Jessica Wijaya beserta keluarganya hampir ditahan oleh Aviation Security (AvSec) karena dianggap menghina maskapai plat merah tersebut. Kisah Jessica ini mendadak viral dan menjadi sorotan publik.

Kejadian ini dialami Jessica dan keluarganya saat naik pesawat Garuda ke Bali dengan kursi business class, Sabtu (4/1/2020). Dia pun membagikan cerita pengalamannya yang nyaris ditahan oleh pihak Garuda Indonesia ini di akun Twitternya @jesswjk.

"So udah banyak yang request gue untuk cerita pengalaman gue jadi penumpang GA404 kemarin, hari Sabtu 4 Januari. Let's see," tulis Jessica, seperti dikutip Suara.com, Senin (6/1/2020).

Permasalahan bermula saat pesawat akan mendarat di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Suami Jessica meminta izin ke toilet pada pramugari Garuda karena anaknya tidak tahan ingin buang air besar.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar