Yamaha

Antisipasi Anak Malas Pergi ke Sekolah

  Sabtu, 04 Januari 2020   Andres Fatubun
Ilustrasi anak sekolah. (pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Mulai Senin (6/1/2020) anak-anak mulai masuk sekolah setelah libur panjang semesteran dan tahun baru.

Ada kalanya mereka menolak pergi ke sekolah dengan alasan sakit perut, pusing, atau sakit kepala atau malas. Jika seperti ini, orangtua sebaiknya memastikan dulu kondisi mereka apakah sakit atau tidak. Periksakan anak-anak ke dokter anak.

Namun, jika mereka menolak bersekolah tanpa alasan sakit, karena malas atau masih ingin libur, beberapa cara di bawah ini untuk membujuknya pergi ke sekolah:

1. Ajak anak bicara
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang menolak pergi ke sekolah adalah mengajaknya bicara. Tanyakan apa yang membuat ia tak mau ke sekolah, misalnya apakah ada sesuatu yang membuatnya takut di sekolah.

Dengarkan penjelasan anak tanpa menghakimi atau meremehkan alasannya. Setelah itu, Bunda dan Ayah bisa mencari solusi. Yakinkan anak bahwa ia bisa mengatasi hal tersebut dan semuanya akan baik-baik saja. Jangan lupa untuk mengatakan kepadanya bahwa Bunda dan Ayah akan selalu ada untuk membantunya.

2. Berikan anak hadiah
Bila anak tidak juga mau ke sekolah, Bunda atau Ayah mungkin bisa mengiming-iminginya hadiah. Tidak perlu hadiah yang besar atau mahal, cukup berikan hadiah sederhana, misalnya makanan favoritnya atau kelonggaran untuk bermain gadget setelah pulang sekolah.

3. Beritahukan kepada anak bahwa ada banyak hal menyenangkan yang bisa ia lakukan di sekolah
Bunda dan Ayah bisa memberi tahu anak bahwa akan ada banyak hal menyenangkan yang bisa ia lakukan di sekolah, misalnya mengobrol dengan teman, belajar mata pelajaran favoritnya, dan bermain bersama teman-teman saat jam istirahat. Dengan begitu, anak akan kembali bersemangat pergi ke sekolah.

Setelah anak akhirnya mau berangkat ke sekolah, Bunda dan Ayah bisa menanyakan kepada gurunya mengenai hal apa yang mungkin menyebabkan anak menolak ke sekolah. Tanyakan apakah ada hal yang membuatnya takut atau ada teman yang mengganggunya di sekolah.

Nah, itu dia beberapa cara untuk membujuk anak pergi ke sekolah. Jadi, Bunda dan Ayah jangan bingung lagi saat anak tidak mau ke sekolah, apalagi sampai memarahinya.

Namun, jika setiap hari anak selalu enggan untuk berangkat ke sekolah dan butuh usaha keras untuk membujuknya, terlebih jika ia selalu tampak murung, sedih, ketakutan, atau sampai mengigau dan sulit tidur nyenyak, sebaiknya periksakan anak ke psikolog.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar