Yamaha

PKS: Gerindra Tak Punya Fatsun Politik

  Jumat, 03 Januari 2020
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman. (@dpppks)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman menilai Partai Gerindra tak memiliki fatsun politik jika memaksakan kadernya untuk menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, Gerindra pernah berjanji bahwa kursi orang nomor dua di DKI akan diserahkan kepada PKS. 

"Kenapa dia sudah menyerahkan empat nama, apapun yang dipilih akan diterima. Kok sekarang memaksakan satu, itu tidak punya fatsun politik," ujar Sohibul di Cipinang Melayu, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Sohibul berharap janji itu benar ditepati oleh partai berlambang kepala garuda itu. "Ya kami berharap kelogowoan itu 100 persen. Tapi kan ada proses politik di DPRD dan Gerindra ikut terlibat di situ dan itu tidak mulus," ujar Sohibul.

Selain itu, Sohibul mempertanyakan diusulkannya empat nama calon wakil gubernur oleh Gerindra. Menurutnya, di internal Gerindra sedang terjadi konflik dalam memperebutkan posisi tersebut. "Berarti di mereka ada persaingan, selesaikan dulu urusan mereka," ujar Sohibul.

AYO BACA : Ulah Gerindra-PKS Pengaruhi Kinerja Anies Saat Banjir

Ia menegaskan, PKS tidak mau legawa kepada Gerindra soal kursi Wagub DKI Jakarta. "Kami tidak bisa didikte, kami mandiri, kami otonom," ujar Sohibul.

Kursi Wagub DKI kosong sejak Sandiaga Uno mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden, mendampingi Prabowo Subianto pada Agustus 2018. Mengingat dukungannya pada Pilkada 2017, PKS meminta agar posisi tersebut diberikan kepada kadernya.

PKS kemudian mengajukan dua nama untuk mengisi posisi tersebut, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Tetapi, pembahasannya di DPRD DKI Jakarta masih alot hingga kini.

Usai penyelenggaraan Pemilu 2019 selesai, Partai Gerindra juga mengajukan empat nama untuk mengisi posisi tersebut. Adapun empat nama tersebut ialah Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Waketum DPP Gerindra Ferry J Juliantono, Ketua DPP Gerindra Ahmad.

AYO BACA : PKS Tidak Khawatir Kader Menyebrang Ke Partai Gelora

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar