Yamaha

10 Keterampilan yang Banyak Dicari pada Tahun 2020

  Kamis, 02 Januari 2020
ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Indonesia tengah bertransformasi menjadi negara yang mengadopsi segala sesuatu serba digital untuk menghadapi industri 4.0. Tentu ini menjadi kabar baik sekaligus tantangan, khususnya bagi generasi muda.

Melansir Suara.com, sejumlah profesional muda Indonesia yang bekerja pada sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pun mencari peluang pembelajaran dan pengembangan baru untuk karir mereka, terutama dalam meningkatkan keterampilan di bidang teknologi.

AYO BACA : Gandeng LPS, Ayo Media Network Bahas Keuangan Milenial di Era Digital

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, menemukan bahwa UKM di Indonesia merekrut para profesional yang memiliki keterampilan teknologi dan mampu mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing mereka.

Olivier Legrand, Managing Director, Asia-Pacific, LinkedIn, mengatakan pihaknya melihat minat belajar yang tinggi pada para karyawan UKM di Indonesia. Dengan hampir 60 juta UKM di Indonesia, menjadikan negara ini pasar yang kompetitif bagi para pemilik UKM untuk merekrut tenaga kerja yang tepat agar menjadi bagian dari tim mereka.

AYO BACA : Kantor Ini Sediakan Cuti Mabuk Bagi Karyawannya

"Selain bersikap terbuka tentang aspirasi mereka, serta membina hubungan yang tulus, mereka juga dapat membagikan berbagai pembelajaran dan peluang yang tengah berkembang dan tersedia untuk para karyawan. UKM berupaya menarik tenaga kerja yang tepat, mereka dapat memperoleh manfaat dari proses perekrutan yang lebih matang," ujar Olivier melalui siaran pers yang diterima Suara.com beberapa waktu lalu.

Menurut data dari LinkedIn, saat ini keterampilan yang berkaitan dengan teknologi memiliki pertumbuhan tahun-ke-tahun tertinggi di antara UKM di Indonesia. Inilah 10 keterampilan yang paling dicari tahun 2020:

1. Creative content creation
2. Data analytic
3. Data visualization
4. Decision Making
5. Human-computer interaction
6. Mobile application development
7. Media sosial
8. User experience design
9. UX research
10.Web development

Dalam satu tahun terakhir, lebih banyak milenial dan gen Z bergabung dengan perusahaan startup dibandingkan dengan perusahaan besar. Hal tersebut mencerminkan keinginan mereka untuk berkembang dan menemukan peluang baru.

AYO BACA : Terlahir Untuk Digital, Generasi Z Jangan Dilarang Gunakan Gawai

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar