Yamaha

Lembang Diserbu Wisatawan, Bupati Kebagian Pungut Sampah

  Rabu, 01 Januari 2020   Tri Junari
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengawali kegiatan di awal tahun 2020 dengan memungut sampah yang menumpuk di sejumlah jalan-jalan protokol di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rabu (1/1/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengawali kegiatan di awal tahun 2020 dengan memungut sampah yang menumpuk di sejumlah jalan-jalan protokol di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rabu (1/1/2020).

Bersama dinas Lingkungan Hidup dan komunitas peduli lingkungan Bupati memungut puluhan ton sampah liar yang dibuang masyarakat maupun wisatawan saat momen liburan Natal dan Tahun Baru

"Pagi ini mengawali aktivitas di  tahun 2020, saya bersama Kadis LH dan instansi lintas pemerintah yang peduli sampah, membersihkan dan memunguti sampah di Lembang. Sampah-sampah ini adalah sisa dari warga dan wisatawan yang merayakan pergantian Tahun Baru semalam. Jadi orang lain yang refreshing, kami yang pungutin dan kami ikhlas," kata Bupati Aa Umbara saat melakukan aksi memunguti sampah di Alun-alun, Lembang, Rabu (1/1/2020) pagi.

AYO BACA : Tinjau Banjir Cimareme, Bupati Instruksikan Pembuatan Tanggul Karung Pasir

Kebanyakan sampah yang berserakan adalah sisa-sisa makanan dan sampah plastik. Pemda KBB melalui Dinas LH sebenarnya sudah menyiapkan tempat sampah dan kantung-kantung pembuangan, namun tetap saja ada perilaku dari warga maupun wisatawan yang belum sadar dalam menjaga kebersihan. 

Menurutnya, sudah menjadi risiko sebagai daerah yang memiliki banyak obyek wisata kawasan Lembang banyak dikunjungi wisatawan. 

Hal ini berdampak pula pada meningkatnya volume sampah yang dihasilkan dari aktivitas wisatawan. Seperti yang terlihat di kawasan Alun-alun Lembang, Jalan Panorama, dan Jalan Tangkuban Parahu.

AYO BACA : Aa Umbara Tuding KCIC Biang Kerok Banjir di Underpass Padalarang

Oleh sebab itu, dirinya langsung berinisiatif mengajak Dinas LH dan komunitas lain yang peduli sampah untuk terjun langsung memunguti sampah sisa Tahun Baru. Terlebih di kawasan Lembang juga terdapat TPS liar yang kerap menjadi lokasi membuang sampah dari warga yang tidak bertanggung jawab, seperti di daerah Cibogo. 

"Kami tidak bosan mengimbau agar warga maupun wisatawan membuang sampah pada tempatnya. Gerakan ini perlu kesadaran dari semua pihak karena Lembang adalah Kota Wisata yang banyak didatangi wisatawan, sehingga kebersihannya harus dijaga," kata politisi Partai NasDem ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, aksi pembersihan sampah ini harus cepat dilakukan agar Lembang kembali bersih dan tidak jadi sumber penyakit bagi masyarakat. Pihaknya juga mengimbau kepada warga serta wisatawan yang berkunjung ke Lembang untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebab Pemda KBB kini telah membuat peraturan daerah soal sampah yang salah satunya mengatur sanksi bagi mereka yang buang sampah sembarangan. 

"Sanksinya bisa berupa administrasi denda atau sanksi sosial," katanya.

AYO BACA : Ada OTT Anak Buahnya, Aa Umbara: Saya Mau Lacak Sekarang!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar