Yamaha

Tak Melulu Jalan-Jalan, Ini Cara Asyik Rayakan Malam Tahun Baru 2020

  Selasa, 31 Desember 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi perayaan tahun baru. (pixabay.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Liburan menjadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih untuk merayakan malam tahun baru. Bukan tanpa alasan, liburan di akhir tahun memang bisa menjadi sarana untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas selama setahun belakangan. Hasilnya, di tahun baru nanti dirimu bisa jadi lebih segar dan siap menghadapi rutinitas.

Buat kamu yang belum memiliki kesempatan untuk liburan tidak perlu kecewa. Nyatanya masih banyak kok cara asyik merayakan malam tahun baru meskipun hanya menghabiskan waktu di rumah. 

Main Bersama Keluarga

Kalau selama ini kamu sibuk kerja, kuliah, atau sekolah, manfaatkan malam pergantian tahun untuk melakukan kegiatan bersama keluarga. Kamu bisa mengadakan pesta BBQ sambil bermain kembang api di rumah. Meskipun sederhana, kegiatan ini asyik kok. Apalagi dengan liburan sederhana ini kamu tidak akan terjebak macet di tempat wisata.

Buktinya, rutinitas ini kerap dilakukan Maspupas Az-Zahra. Dia dan keluarga justru lebih memiliki menikmati waktu kebersamaannya dengan kumpul keluarga di malam pergantian tahun.

"Kalau aku kegiatan rutinitas tahun baru semenjak menikah di rumah kakak ipar pada ngumpul di lantai atas rumah, bakar jagung, sate, atau ayam nunggu kembang api. hari H-nya paling istirahat aja di rumah kerena macet. Macet mah bikin mager, apalagi musim hujan kayak gini,"  ungkap Maspupah saat berbincang dengan Ayobandung.com, Selasa (31/12/2019).

AYO BACA : Nestapa Penjual Terompet di Tengah Riuh Pergantian Tahun Baru 2020

Memang, momen pergantian tahun baru biasa diisi dengan kegiatan seperti barbeque, kumpul bersama keluarga, nonton film, hingga menyaksikan pesta kembang api saat detik-detik pergantian tahun. Bahkan untuk menambah keseruan, kegiatan kumpul bareng bisa diselingi dengan permainan atau obrolan-obrolan yang akan menghangatkan suasana malam.

Seperti halnya, Sendi Mutha Aliyandi yang juga memiliki rutinitas yang sama. Perempuan berusia 25 tahun itu mengaku, lebih memilik menghabiskan waktu liburannya untuk berkumpul bersama sanak saudara.

"Aku malam tahun baru paling kumpul bareng keluarga, terus makan-makan aja. Tiap tahun selalu giliran ngadain di antara keluarga besar," imbuh perempuan yang karib disapa Icen itu.

Sempatkan Me Time

Akhir tahun memang menjadi momen untuk meluruskan kaki, melemaskan saraf-saraf yang tegang selama hampir satu tahun, dan mengambil cuti untuk relaksasi. Resolusi yang belum tercapai pun jangan terlalu diambil pusing. Karenanya, manfaatkan libur akhir tahunmu dengan melakukan hal-hal yang menenangkan juga menyenangkan. 

Itulah prinsip yang dipegang Sukmala Nurela. Alhasil, bagi perempuan yang karib disapa Mala itu, liburan tahun baru tidak melulu soal jalan-jalan. Tapi mengistirahatkan tubuh agar tak lagi penat dan bisa kembali segar pun wajib dilakoni kok.

AYO BACA : Polisi Minta Masyarakat Tak Rayakan Tahun Baru dengan Konsumsi Miras

Apalagi Mala sadar sebagai wanita karir, dirinya ingin memanjakan diri dengan melakukan berbagai perawatan yang membuat tubuh rileks. Karenanya bagi Mala, rutinitas ini perlu dijaga untuk mengembalikan semangat sekaligus membahagiakan diri sendiri.

Menurut Mala, lakukan me time dengan kegiatan yang kamu sukai namun tidak sempat dilakukan akhir-akhir ini. Dengan me time, pikiran pun lebih segar. Cadangan energimi untuk menyambut tahun baru pun semakin banyak.

"Gak ada yang spesial sih sebenernya. Keluarga aku lebih milik kumpul kayak biasanya. Makan bareng sekeluarga sampai barbeque-an, bakar ikan segala macem. Nah kalau buat aku pribadi, kalau keburu sampai nunggu pergantian tahun liat kembang api, ya nunggu kalau udah gak kuat ngantuk ya paling langsung tidur, me time lah. Itu istirahat yang paling nyaman di momen liburan menurut aku. Apalagi cuaca kayak gini. Bikin males pergi-pergi kan," ujarnya.

Liburan Sekaligus Salurkan Hobi

Di sisk lain, banyak cara mengisi waktu libur akhir tahun. Salah satunya, dengan meluangkan waktumu untuk sekadar melakukan hobi. Salah satunya dilakukan Dini Setianingsih. Dini mengatakan, dirinya beserta keluarga kerap mengisi liburan akhir tahun dengan melakukan hobi, memancing. 

Maklum, dia mengakui, keluarganya memiliki hobi yang cenderung sama. Meski begitu, Dini mengakui, dengan meluangkan waktu liburan dengan aktivitas kegemaran bisa membuat pikiran lebih segar. Keluarganya juga bisa menikmati ikan bakar hasil pancingannya.

Apalagi dia mengakui, liburan sekaligus menyalurkan hobi bisa membangun rasa percaya diri dan relaksasi. Apalagi berinteraksi dengan orang-orang orang di tempat berlibur akan memberi pengalaman dan cerita baru yang dapat menginspirasi.

"Aku  tahun baru sekarang kumpul sama keluarga. Ngabisin waktu bersama saat liburan tahun baru ini seperti pergi mancing ikan, karena keluarga kebetulan suka mancing. Menarik banget, dari kehangatannya kumpul, makan-makan atau sekadar bersenda gurau," ujarnya.

AYO BACA : 10 Fakta Unik Perayaan Tahun Baru dari Seluruh Dunia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar