Yamaha

5 Tren Make-up Ini Diyakini Bakal Pudar di 2020

  Selasa, 31 Desember 2019
Ilustrasi makeup glitter. (Unsplash/Karina Tess)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tren kecantikan memang bisa terus berubah seiring perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen. Beberapa dapat bertahan dalam waktu lama tapi banyak juga yang meredup popularitasnya setelah tahun berganti.

Melansir Insider, ada beberapa tren kecantikan yang diperkirakan mulai ditinggalkan pada 2020 mendatang. Berikut lima di antaranya.

1. Penggunaan highlighter untuk efek wajah bersinar

Anda mungkin sangat sering melihat influencer tampil dengan tulang pipi dan hidung nan glowing di YouTube maupun Instagram. Mereka mengandalkan highlighter untuk menonjolkan bagian tertentu.

Namun, tren highlighter dikatakan sebenarnya telah mulai ditinggalkan perlahan sejak 2016. Selain itu selama tiga tahun terakhir, banyak utas di media sosial Reddit yang menyebut bahwa orang-orang sudah bosan dengan tren kecantikan ini.

2. Make-up glitter

Beberapa tahun terakhir, glitter bermunculan di berbagai produk kecantikan, termasuk lipstik, eyeliner, bahkan masker wajah. Namun, kini orang-orang mulai menyadari bahwa efeknya tidak seglamor yang dibayangkan.

Di sisi lain, glitter disebut sangat berbahaya bagi lingkungan karena biasanya terbuat dari mikroplastik yang bisa mencemari air. Glitter juga disebut dapat memecah kulit serta melepaskan bahan kimia yang bisa mengganggu hormon manusia dan hewan.

Nah, mengingat betapa semakin banyak orang yang sadar lingkungan, sangat mungkin mereka tak bakal melirik produk kecantikan berbasis glitter lagi.

3. Bentuk alis sempurna

Tahun 2020 nanti, orang-orang diperkirakan tidak lagi berusaha terlalu keras untuk mendapatkan bentuk alis sempurna. Alis yang benar-benar penuh, tanpa karakter, terlihat sama untuk semua orang, sudah pasti akan ditinggalkan, ungkap ahli kecantikan alis, Kristin Fisher, kepada Harper’s BAZAAR, masih dilansir dari Insider.

Dia bilang, orang-orang memang akan terus merawat alis mereka. Namun, mereka tak lagi terobsesi dengan bentuk yang terkesan seragam dengan kebanyakan orang.

4. Lipstik matte

Lipstik cair dengan efek matte sempurna mulai naik daun sejak 2019. Namun, tren kecantikan ini disebut akan mencapai titik jenuh pada 2020 mendatang. Ada kemungkinan pecinta make-up bakal kembali pada produk yang lebih glossy.

Orang-orang kini lebih tertarik dengan kecantikan alami. Tampilan bibir matte dianggap tidak mendukung konsep tersebut.

5. Tisu makeup

Ada banyak jenis tisu penghapus makeup di pasangan. Walaupun praktis, orang-orang sepertinya kurang menyukai produk ini untuk membersihkan wajah mereka.

Tren kecantikan ini dikatakan tidak hanya buruk untuk kesehatan kulit tapi juga kelestarian lingkungan. Real Simpel sebelumnya melaporkan bahwa 20 juta pon tisu sekali pakai dibuang setiap hari dan menjadi sampah yang tidak bisa terurai.

Nah, lagi-lagi karena generasi muda masa kini sangat peduli dengan isu kelestarian lingkungan dan perubahan iklim, mereka kemungkinan besar bakal mengabaikan tisu makeup. Mereka lebih baik memakai kain yang dapat digunakan kembali atau sikat elektronik untuk membersihkan wajah.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar