Yamaha

Ditinggal Liburan, Tirta Raharja Antisipasi Kebocoran Air Bersih

  Minggu, 29 Desember 2019   Tri Junari
Ilustrasi (Pixabay)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Perumda Air Minum Tirta Raharja mempersiapkan petugas piket di bagian pelayanan, distribusi dan produksi, sebagai antisipasi kebocoran air bersih pada libur akhir tahun.

Petugas piket itu siaga selama 24 jam secara bergiliran guna mengantisipasi berbagai kejadian seperti kebocoran pipa, suplai air ke konsumen yang membutuhkan, hingga keluhan kerusakan atau ketika air tidak mengalir ke rumah pelanggan.

"Jelang akhir tahun ini kami sudah mempersiapkan piket pegawai yang ada di bagian pelayanan, distribusi dan produksi. Semoga dengan adanya petugas piket ini bisa tetap menjaga pelayanan air bersih kami ke pelanggan tetap lancar," kata Manager Junior Humas dan Sekretariat Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati kepada wartawan, Minggu (29/12/2019).

Sri mengatakan, langkah mengantisipasi pelayanan di libur akhir tahun yang diprediksi meningkat seperti terjadinya kebocoran pipa. Termasuk mobilisasi armada tangka air kepada pelanggan yang membutuhkan pascamusim kemarau. 

Meskipun untuk wilayah pelayanan utara yang mencakup Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kondisi air baku sudah kembali normal.

Sementara upaya untuk menjaga kualitas air, petugas teknik dan admnistrasi secara rutin melakukan pemeliharaan jaringan pipa yang sudah melampai batas usia teknis. 

Menjaga tekanan jaringan pipa agar tetap aman, dan pembersihan pada instalasi pengolahan air. Sebab tidak menutup kemungkinan ada penyumbatan atau endapan kotoran yang membuat suplai air menjadi tidak lancar.

"Kami memgimbau bagi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja agar gunakan air sesuai kebutuhan. Atau bagi yang akan pergi liburan akhir tahun sebaiknya memeriksa dan menutup keran air jangan sampai air terus mengalir pada saat rumah kosong," tuturnya.

Terkait jumlah pelanggan hingga saat ini, Sri menyebutkan untuk Sambungan Rumah (SR) hingga akhir Oktober 2019 adalah 101.743 SR yang meliputi tiga wilayah pelayanan. Terdiri dari wilayah pelayanan utara yang mencakup Cimahi, Cisarua, Lembang, Padalarang, Batujajar, Cikalong Wetan, dan Cililin ada sebanyak 27.373 SR.

Wilayah pelayanan selatan yang mencakup wilayah Kabupaten Bandung bagian selatan sebanyak 32.748 SR, dan wilayah pelayanan Kabupaten Bandung bagian timur sebanyak 41.622 SR.

"Di wilayah selatan dan timur juga pasti akan ada kenaikan pemakaian air pada saat libur akhir tahun nanti. Tapi kami jamin pelayanan tetap lancar karena debit air di sana kondisinya normal tidak terpengaruh dampak musim kemarau beberapa waktu lalu," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar