Yamaha

Akhir Tahun, 12 Ruas Jalan di Cianjur 'Di-hotmix'

  Jumat, 27 Desember 2019   Muhammad Ikhsan
Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (kiri). (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Di penghujung 2020, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur melakukan perbaikan jalan kabupaten sebanyak 12 titik di wilayah perkotaan Cianjur.

Berdasarkan data dari Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, total jalan yang direhabilitasi dengan melakukan pelapisan hotmix sepanjang sekitar 10 kilometer, menelan anggaran sebesar kurang lebih Rp10 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD 2018 diperubahan 2019.

Ke-12 titik ruas jalan tersebut di antaranya, Jalan Cikolotok-Sindanglaka, Jalan Siliwangi, Jalan Panembong-Nagrak, Jakan Aria Cikondang, Jalam Amalia Rubini, Jalan Pasar Induk Pasirhayam, Jalan Ariawiratanudatar, Jalan Gatot Mangkupraja, Jalan Cangklek-Babakan Karet, Jalan Panembong-Gelarmaju, Jalan Selamet Riyadi dan Jalan KH Asnawi.

AYO BACA : Rayakan Tahun Baru di Puncak Cianjur, Waspada Pohon Tumbang

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman berkesempatan meninjau beberapa lokasi rehabilitasi yang dilakukan Dinas PUPR Cianjur. Salah satu di antaranya Jalan Ariawiratanudatar di Kelurahan Muka Kecamatan Kabupaten Cianjur.

Saat meninjau pekerjaan yang dilakukan CV Ranya Jaya Puspa jaya itu, Herman langsung menginjakkan kaki dan memegang hotmix di jalan tersebut. 

“Mantap sekarang jalan di wilayah perkotaan sudah direhabilitasi jalan yang rusak dan bergelombang sudah dilakukan pelapisan dengan hotmix,” tutur Herman, usai peninjauan, Jumat (27/12/2019).

AYO BACA : Bagong Mogok Bangun Rumah untuk Keluarga 13 Anak, Bupati Cianjur Bersyukur

Herman menjelaskan, selama ini banyak laporan dari masyarakat mengenai jalan rusak maupun bergelombang di wilayah perkotaan.

“Keluhan masyarakat ini sudah berlangsung lama dan lumayan lama tidak diperbaiki. Alhamdulillah saya langsung perintahkan PUPR untuk segera lakukan rehabilitasi jalan wilayah perkotaan di perubahan anggaran,” katanya.

Meski semua di wilayah perkotaan belum direhabilitasi, Herman berupaya pada 2020 bisa semuanya diperbaiki, baik beton maupun pelapisan hotmix. “Setidaknya inilah uang rakyat yang dikembalikan ke rakyat melalui pembangunan infrastruktur, masyarakat bisa menikmati hasilnya,” terangnya.

Usman (43), warga Kampung Sindanglaka, Desa Sindanglaka, Kecamatan Karangtengah, yang sehari-hari pulang pergi ke kantor melintasi jalan Ariawiratanudatar (Cimenteng-Gadung) mengakui jalan yang di-hotmix membuatnya ia nyaman saat melintas.

“Biasanya kan sepanjang jalan dari Cimenteng sampe Bojong itu rusak dan beberapa bagian berlubang, sesudah di-hotmik membuat nyaman dan ngageuleuseur,. Apalagi kalo sore-sore pake motor bawa anak, nyaman pisan,” ujar Usman yang bekerja di sebuah perusahaan swasta di Cianjur, Jumat (27/12/2019).

Usman meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki juga ruas jalan dari pertigaan jalan Pramuka hingga ke Warungdanas. “Jangan tanggung lah, mudah-mudahan tahun depan bisa diwujudkan,” ungkapnya.

AYO BACA : PWI Jabar Kutuk Perusakan Kantor Jabarnews.com di Cianjur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar